Senin, 13 Januari 2020

9 Penerbit Buku Ini Siap Menerbitkan Komikmu. Kuy Kirim!



Hai, teman-teman. Selamat siaaangg ...! Selamat makan siang sambil membaca postingan keren saya ini. 

Jika kamu penyuka komik dan suka nulis komik, sangat harus baca postingan saya ini. Karena postingan ini berisi informasi bermanfaat untuk kamu dan bisa juga bermanfaat untuk saudara, sohib, calon mertua, atau bahkan mantan kamu.

Kamu suka nulis komik nggak? Kalau iya, jangan cuma ditulis doang, ayo coba kirim ke penerbit agar dibaca orang lain dan komikmu bermanfaat bagi orang lain juga. Keuntungannya kamu pun bisa mendapatkan penghasilan. Apalagi jika komik kamu cetak ulang lagi, dan lagi. Wiih, sudah pasti menggiurkan bukan? 

Komik saat ini memang tak bisa dipungkiri sangat diminati baik oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. Hal itu tentu saja tak lepas karena gambarnya banyak dan dialog yang kerap kali lucu. Bahkan tak jarang anak-anak lebih mudah menyelesaikan baca komik, daripada baca buku yang teksnya banyak. Bahkan nih ya, pemerintah pun mulai melirik dunia komik sebagai buku pendamping pembelajaran sekolah lo. 

Belakangan ini juga tak sedikit penulis yang mulai melirik skrip komik. Memang membuat komik tak perlu harus bisa menggambar atau mengilustrasi, karena ada ilustrator atau komikus yang bisa diajak kerjasama. Nah, jika kalian sudah punya naskah skrip komik, atau bahkan komik yang udah komplit dengan gambarnya, kalian jangan bingung mencari penerbit. Karena saya membawa berita gembira tentang 9 penerbit yang menerima naskah komik kamu. Siapa tahu salah satunya cocok dengan nsakah kamu. Kuy simak deh. 

1. Pustaka Al-Kautsar

Penerbit pertama yang menerima naskah komik adalah Pustaka Al-Kautsar. Penerbit ini menerbitkan naskah komik islami. Tahu kan komik seri AL-Fatih yang terkenal itu? Penerbitnya ya imprint Pustakan Al-Kautsar ini. Oh iya, penerbit ini menerima naskah komik anak, remaja hingga dewasa lo. Baik fiksi maupun nonfiksi.

2. Penerbi Zahira

Penerbit ini aku baca dari buku  komiknya yang terkenal yaitu "Pengen Jadi Baik" yang sudah diterbitkan hingga seri ke berapa ya itu? Lima ada kali ya, saking larisnya. Cek sendiri ya di medsos : Penerbit Zahira. Nah, kamu bisa coba juga kirimkan karya komik kamu terutama yang islami.

3. BIP

Penerbi BIP memiliki banyak koleksi komiknya, dari mulai komik anak hingga young adult sepertinya. Kalian bisa mengirimkan karya komik kalian ke penerbit ini, baik islami maupun umum. Kalau Islami akan terbit di Qibla (lini Islami), kalau umum ya di BIP-nya. Oh iya, BIP juga memiliki koleksi komik terjemahan yang lucu-lucu (anak saya suka). Juga komik yang mengusung tema remaja : Teen Comic  (Kalau ini emaknya yang suka haha). Silakan kepoin Fp-nya : Bhuana Ilmu Populer
4. Gema Insani

Penerbit satu ini juga menerbitkan komik-komik islami. Jika kalian memiliki naskah komik islami boleh kirim ke penerbit ini. Lihat koleksi komik terbitannya bisa membuat kalian tahu lebih dalam  karakteristik naskah kebutuhan penerbit.

5. Muffin Graphics

Ada yang tahu komik anak Next G? Ini dia penerbitnya, Muffin Grafhics yang merupakan imprint penerbit Mizan. Untuk mengirimkan naskah ke penerbit ini sebaiknya beli dulu komik Next G, karena ada ketentuan yang berhubungan dengan buku komik yang sudah diterbitkan, terutama bagi yang mau membuat komik serial Next G. Kepoin dulu Fp : Muffin Graphics

6. GPU

Saya menyebut penerbit besar ini bisa menerima naskah komik, karena baca buku komik terbitannya. Ada beberapa komik baik terjemahan maupun asli Indonesia pernah saya baca terbitan penerbit ini. So, kalian bisa juga coba kirimkan karyanya.

7. Dar! Mizan

Dar! Mizan menerima naskah komik islami. Beberapa karya teman-teman penulis sudah terbit di penerbit ini. Cari tahu email penerbitnya dan segera kirimkan karyanya ya. Siapa tahu diterima dan diterbitkan.

8. Funtastic MNC

Funtastic MNC juga menerima naskah komik baik tema umum maupun islami. Kalau ingin tahu terbitan penerbit ini lihat saja di akun medsosnya atau di toko buku. Biar jelas sekalian aja beli bukunya hehe. Bisa juga beli atau lihat di toko buku online.

9. Elex Media Komputindo

Elex media komputindo identik dengan komik scinece Why dan si Juki. Tapi, ternyata komik science Elex ada lo yang penulisnya asli Indonesia. So, kenapa kamu juga tidak coba? Kepoin saja akun instagramnya : Elex Kidz atau Elex Media Komputindo

Lalu setelah mengetahui penerbit bidikan kalian, langkah selanjutnya buatlah naskah komik ala kamu, biar original jangan niru punya orang ya. Cara membuat naskahnya bisa belajar dari buku komik yang sedang ada di pasaran seperti saya, pada awalnya saya belajar dari banyak buku komik. Lalu kalian bisa ikut training/workshop membuat naskah/skrip komik baik online maupun offline. Kuncinya sih praktik! Iya praktik. Tak ada gunanya ikut training ini itu, kalau tidak praktik! Eman-eman duitnya,ya kan?

Komik saya alhamdulillah ada yang sudag acc di salah satu penerbit besar di atas, dan bahkan mintanya komik serial. Doakan saya lancar mengerjakannya ya, karena dulu pengajuannya hanya dua bab saja sebagai contohnya.

Oke, itu saja secuil info dari saya. Bukan berarti yang terima komik hanya 9 penerbit itu saja ya, tapi lebih banyak pastinya. Cari tahu sendiri dan kalau sudah tahu kasih tahu saya juga boleh hehe. Walau tak banyak, tapi semoga tetap memberikan manfaat bagi teman-teman semua. Bermanfaat kan? Jawab iya saja dong. Terima kasih banyak ya. Ayo semangat menulis hingga menghasilkan karya terbaik!

Salam sayang,

Yeti Nurmayati di Mojokerto.


Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon