Sabtu, 04 Juli 2020

Mengenal Buku Pengayaan dan Cara Pembuatannya

Buku pengayaan atau disingkat bupeng belakangan sangat ramai diminati oleh penulis terutama penulis buku anak. Kebutuhan buku untuk sekolah-sekolah seluruh Indonesia membuat pemerintah memberikan kesempatan pada penerbit untuk menerbitkan buku pengayaan. Tentu saja buku pengayaan ini tidak dibuat sembarangan, karena ada tema dan ketentuan yang harus dipatuhi penulis.

Apa Itu Buku Pengayaan?

            Buku pengayaan sendiri adalah buku pendamping pelajaran. Ingat, bukan buku pelajaran, tapi pendamping saja. Jadi jika buku pelajaran bersifat umum, kalau buku pengayaan lebih detil dalam pembahasannya. Namanya juga mendampingi, ya kudu menjabarkan atau menjelaskan dari tema-tema yang ada di buku pelajaran. Syarat untuk menjadi penulis buku pengayaan bukan hanya seorang guru atau akademisi saja, tapi siapa pun bisa. Yang penting memiliki kemauan untuk membuat tulisan sebaik mungkin bagi anak-anak Indonesia.

            Mencatut perkataan seorang editor, “buku pengayaan itu bukan sekadar hiburan, tapi harus memiliki pengetahuan di dalamnya.” Artinya buku pengayaan ini harus berisi pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

            Buku pengayaan lahir dari kebutuhan akan buku bacaan anak yang sangat banyak. Seperti kita ketahui bersama, dalam kegiatan belajar mengajar, buku yang dipakai terlalu umum dan hanya sekilas, nah dengan adanya buku pengayaan ini diharapkan anak akan lebih paham mengenai materi pembelajaran. Bupeng ini dibutuhkan dari mulai tingkat SD hingga SMA sederajat.

            Buku pengayaan ini sepengetahuan saya baru Penerbit Tiga Serangkai yang menggaungkannya atau membuka kesempatan bagi penulis. Dalam prosesnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus melalui seleksi PUSKURBUK. Jadi para penulis diharapkan untuk bersabar menunggu. Menurut saya, ini adalah kesempatan banget bagi penulis untuk mencoba dan menjadi bagian dari penulisan buku pengayaan.  Apalagi saat ini penerbit besar pada umumnya sedang lesu karena pandemi covid-19. Bahkan penerbit banyak yang menangguhkan buku terbitannya. Hingga banyak juga yang beralih ke penerbitan digital (ebook).

Cara Pembuatan Buku Pengayaan

Jika kamu mulai tertarik ikut menulis buku pengayaan ada baiknya kamu harus tahu beberapa cara pembuatannya, di antaranya sebagai berikut :

1.      Harus tahu tentang kompetensi dasar (KD) mata pelajaran sekolah dari mulai SD hingga SMA

2.      Mengambil salah satu KD dari salah satu kelas.

3.      Mengembangkannya menjadi tulisan, jangan lupa riset

4.      Kirimkan ke penerbit

Oh iya, ada beberapa penulis yang mengadakan kulwap tentang buku pengayaan ini dengan pemateri langsung dari Editor. Jika kamu tertarik, silakan ikuti kelasnya. Biar lebih paham dan tahu betul harus ngapain.

Masa Depan Buku Pengayaan

            Bicara masa depan buku pengayaan, tentu saja sangat menjanjikan. Dari banyaknya teman yang bukunya lolos menjadi buku pengayaan, mereka mendapatkan honor yang sangat lumayan bahkan ada yang sampai ratusan juta lo katanya (gosip-gosipnya sih hihihi). Tapi tentu saja jangan jadikan itu patokan atau target, menulis tetaplah harus memiliki tujuan yang lebih besar, yaitu memberikan manfaat bagi pembaca. Betapa kerennya ketika buku kita dibaca anak-anak dan mereka menjadi lebih baik. Sungguh itu sebuah pencapaian yang luar biasa bukan?

Nah itu sekelumit pengenalan tentang buku pengayaan. Mungkin kamu sering baca di status facebook teman atau di status siapa pun tentang buku pengayaan, semoga dengan adanya postingan ini terjawab sudah rasa penasarannya. Untuk lebih detilnya, kalian bisa mengikuti kulwap atau coba saja kirim langsung ke penerbit. Jika tema yang diambil bagus, apalagi eksekusinya oke, mungkin bisa dipertimbangkan untuk diterima.

Saya pribadi sudah ada naskah yang alhamdulillah diterima dan insya Allah akan menjadi bagian dari buku pengayaan. Semoga lancar dan lolos di PUSKURBUK, aamiin.

 

 

 

 

Minggu, 21 Juni 2020

Tujuh Belas Anak Artis Ternama Indonesia yang Sukses Bikin Netizen Gemas!


 
Gempita dan Thalia
Anak artis memang selalu jadi pusat perhatian. Apalagi di zaman digital begini hampir semua artis Indonesia membuatkan akun instagramnya khusus untuk si Baby. Sejak lahir hingga seluruh perkembangan anak terekam jelas di sana. Tujuannya pada umumnya ingin mengumpulkan dokumentasi agar kelak jadi kenang-kenangan bagi anak dan jika anaknya mau akun tersebut juga boleh dialnjutkan. 

            Bagi masyarakat tentu saja itu jadi hiburan tersendiri, khususon bagi saya sih hihi. Saya suka lihat tingkah lucu anak-anak itu. Dan kadang ikutan takjub juga saat anak baby mereka itu mengalami perkembangan yang pesat. Tingkah polah polos, lucu, imut, cute, dan menggemaskan itu sungguh sukses membuat netizen yang mengikutinya jatuh cinta. 

            Dari banyaknya anak artis ternama itu, saya memiliki catatan untuk tujuh belas anak artis ternama Indonesia yang sukses membuat saya senyum-senyum kalau melihatnya. Saya suka keluguan, kelucuan dan kepintaran mereka. Ketujuhbelas anak artis tersebut adalah :
1.      Gempita Nora Marten
Rasanya tak ada satu pun orang di Indonesia yang tidak tahu anak satu ini. Mungkin seluruh pemilik televisi di Indonesia mengetahui wajah si imut nan menggemaskan ini. Gempi memang terlahir sebagai anak yang imut, cantik sekaligus cerdas. Siapa pun pasti menyukai anak yang pinter main tik tok ini. Gempi adalah anak dari aktor kenamaan, Gading Marten dan Ibu Penyanyi jebolan Indonesian Idol, Gisella Anastasia. Tingkah lucu Gempi tak pernah membosankan, dia selalu berhasil menghibur penggemarnya.
2.      Arsy dan Arsya Hermanysah


Tahu juga dong anak lucu dari keluarga Asix ini? Arsy kecil sangat menggemaskan. Bahkan videonya sering aku download saking lucunya wkwk. Arsy si anak tempe, yeaah! Tingkah arsy sekarang yang bikin saya suka adalah kebiasaannya untuk tidak mau pakai baju terbuka. Speechless saya kalau Arsy keukeuh minta pakaian tertutup, sementara bajunya harus nyari dulu atau beli dulu. Kalau Arsya ini jagoannya bunda Ashanty. Dia anak yang gemesin juga tapi cenderung  kalem untuk seukuran anak laki-laki. Cool man ya Arsya!
3.      Zoe Ibrahim


Zoe! Saya penggemar anak ini. Anak dari Artika Sari Devi dan Baim ini sukses membuat siapa pun jatuh cinta dengan kepolosannya. Zoe sering nyanyi diiringin music oleh bapaknya dan kadang tak selalu nyambung. Zoe juga memiliki rambut yang unik, lucu pokoknya. Ketawanya itu lo bikin nular! Zoe tak memiliki akun sendiri, jadi kalau mau lihat dia, lihat saja instagramnya Baim atau Artika Sari Devi.
4.      Syanala Kania


Ini dia di Ratu Tik tok kita! Nala melambung namanya karena kepintaran dan keluwesannya menari di aplikasi tiktok. Nala sukses menghipnotis penggemar ayah bundanya dengan kelincahannya. Nala sering berkolaborasi dengan ayahnya Indra Brasco ketimbang ibunya Mona Ratuliu. Mungkin karena saat itu bundanya sedang hamil. Kini Nala sedang happy karena kelahiran adiknya sebulan lalu.
5.      Thalia Putri Onsu
Thalia ini sungguh menik-menik dan menggemaskan. Thalia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan santun di bawah didikan ibundanya Sarwendah dan ayah Ruben Onsu. Thalia pasti semua tahu ya, secara acaranya hampir setiap hari tayang di Tran tv, Diary The Onsu.
6.      Kiano Tiger Wong



Putra terlucu dari Papa Baim dan Mama Paula ini sangat mencuri perhatian netizen di setiap postingannya. Duuh saya juga ikutan gemesh saat nulis ini. Kiano megingatkan saya pada anak sulung waktu sebesar itu. Tingkah lucunya sangat mirip. Kiano setiap hari hadir di acara televisi bahkan di dua stasiun televisi langsung. Bapau dan Keluarga Bosque.
7.      Rafathar

Putra Sultan Andara ini sangat terkenal secara ayah dan ibunya juga sangat terkenal. Rafi Ahmad dan Nagita Slavina mengasuh Aa (panggilan Rafathar) dengan penuh kasih sayang. Rafathar sering berkata atau bertingkah menggemaskan hingga netizen selalu menyukai dan mendoakannya.
8.      Tatjana dan Bima


Si Kembar nan lucu ini adalah putra dan putri dari penyanyi Cynthia Lamusu dan Surya Saputra. Setelah melalui waktu yang cukup lama bersabar menanti buah hati, akhirnya Mama Thia mengandung dan melahirkan anak kembar (cowok dan cewek). Mama Thia pun dengan telaten merawat dan mengasuh si kembar dengan sepenuh hati. Bahkan Mama Thia full mengurusi dua anak lucunya itu (tanpa baby sitter). Tatjana dan Bima kini sudah makin besar dan sangat pintar. Keduanya memiliki bakat berbeda yang turun dari kedua orang tuanya.
9.      Sada Amina Hanara

Siapa nih fans-nya Sada? Sada ini putri cantik dari pembawa acara Fitri Tropica (fitrop). Fitri juga lumayan lama menunggu hingga dinyatakan hamil dan melahirkan gadis cantik nan menggemaskan, Sada Amina Hanara. Sada memiliki akun pribadi berisi dokuemntasi setiap perkembangannya. Yang unik, caption by maminya alias Madam Eropa itu lo bikin penggemar selalu menantikan postingannya. Fitrop dilawan hahaha
10.  Kala Madali Bramantyo

Dari keempat anak Zaskia Adya Mecca dan Hanum Bramantyo, Kala Madali adalah anak yang paling lucu karena polahnya. Kala selalu tampil tomboy dan lugu, beda banget sama kakaknya, Sybil. Kala juga sering tiba-tiba melakukan hal yang membuat Bia-nya merembes mili. Bia Zaskia ini kadang merasa tidak adil kepada anak lainnya karena lebih focus pada si bungsu. Ada yang sering merasa begitu? Sebaiknya ikuti Instagram Zaskia Adya Mecca ya hehe..
11.  Isabel Althalya Natiar Situmorang
Nah ini idolaku juga. Putri kedua dari presenter cantik Astrid Tiar ini terkenal tomboy dan lugu banget haha… Isabel yang akrab dipanggil Ibenx ini sering melakukan hal-hal yang membuat netizen terpingkal-pingkal melihatnya. Pernah pakai sepatu bola bapaknya, dan itu keukeuh banget. Lalu kalau nyanyi atau nari itu improvisaasinya juara… lucuu pokoknya. Terus Bu Astrid ini kan terkenal ibu yang kejam (baca : tegas), walau uang banyak, dia mengajarkan usaha ke anak-anaknya jika ingin sesuatu. Ibenx baru saja mendapatkan sepeda baru karena nilai raport nya bagus. Yeeeaay!
12.  Nastusha Olivia Alinskie
Gadis manis ini putri dari Chelsea Olivia dan Glen Alinskie. Nastusha tumbuh menjadi anak yang cantik dan lucu juga smart. Nastusha selalu tampak bahagia karena kedua orang tuanya selalu memperhatikannya. Saya suka sosok Chelsea dam Glen yang begitu perhatian dan bekerjasama membersamai perkembangan putrinya. Nastusha juga sudah sangat siap menjadi kakak, secara Ibunya sedang hamil. Selamat menunggu adik baru ya, Nastusha!
13.  Bridgia 

Brie adalah putri cantik dari pemain film Acha Septriasa. Mereka tinggal di Australia. Brie kecil suka balet dan ngebaking bareng ayahnya. Brie begitu cantik mewarisi kecantikan mamanya. Tawanya lepas dan suka ngomong walau perkataannya kadang kurang jelas.
14.  Muhammad Ali
Nah kalau ini adalah putra kesayangan Pakde Ahmad Dhani. Muhammad Ali adalah putra bungsu Ahmad dhani dan Mulan Jameela. Ali begitu lucu dan menjadi pusat perhatian seluruh kelurga. Saat ulang tahun kemarin Ali begitu antusias meniup lilin dan membuka kado. Ali ini sepertinya akan mewarisi kualitas musik ayahnya. Ali sudah menyukai musik-musik berkualitas kesukaan ayahnya lo.  
15.  Den Bagus
Ibu Widi Mulia dan Bapak Dwi Sasono pantas berbangga hati memiliki anak seperti Den Bagus. Putra bungsu mereka ini sudah sangat pandai bermain music khususnya drum. Denden yang memiliki wajah manis ini piawai memainkan drum dan sering manggung bersama kakaknya Widuri dan Dru. Keluarga Mbak Widi ini sangat sederhana namun hangat.
16.  Atreya Uwais

Atreya adalah putri sulung Audy Item dan Iko Uwais. Atreya memiliki wajah yang cantik mirip mamaknya. Atreya ini sepertinya akan mewarisi keahlian olah tubuh bapaknya. Secara dia sudah pandai bermain silat lo. Wow… go Atreya!
17.  Muhammad Bambang Arr Raybach
Bocah terakhir ini adalah anak dari Mbak cantik Meisya Siregar dan Beby Romeo. Bambang adalah anak laki-laki satu-satunya dan bungsu dari tiga bersudara. Dalam kesehariannya, Bambang begitu lucu dan sering bertingkah menggemaskan. Belakangan ini, dia sering menyanyikan lagu coboy junior yang berjudul “kamu” lucu deh kalau sudah nyanyi itu. Dan lebih lucu lagi saat diiringi music oleh ayahnya, susah banget masuknya haha.

            Nah itulah tujuh belas anak artis ternama Indonesia yang tidak kalah ngetop dengan orang tuanya. Selain ngetop, mereka juga sukses menarik perhatian netizen karena kepolosan dan tingkahnya yang menggemaskan. Selalu ada hal yang bisa kita ambil pelajaran dari setiap pengasuhan anak artis itu. Mereka tumbuh sangat lucu dan pintar juga bahagia karena berada pada keluarga yang menerima dan mendidiknya dengan baik. 

            Terima kasih telah membaca postingan ini. Semoga anak-anak kita pun walau pun tidak terkenal anak artis di atas tetap bahagia menjadi bagian dari hidup kita.