Minggu, 10 Februari 2019

Masih Bingung Kirim Naskah Anak Kemana? Inilah 30 Plus Penerbit yang Menerima Naskah Cerita Anak.

Tags



Hai hai ... selamat pagi menjelang siang!

Sesuai dengan janji yang udah kadung saya cetuskan di Fesbuk, maka saya pun menepati janji hari ini.
Yup, saya membuat daftar nama penerbit anak di blog pribadi saya ini setelah kecewa karena sesemedia yang hibernasi hingga content bagus milik saya ikutan hibernasi juga di sana hehe. Secara tulisan saya dulu tentang 21 Daftar penerbit buku anak juga ikut menghilang seiring dengan vakumnya media online tersebut. 

Agak sebel sih, udah capek-capek nulis, ealah malah nggak bisa dibuka. Terus berulang kali ada yang tanya tulisan saya yang itu. Dan saya hanya bisa kasih link gak bisa dibuka hehe ...  

Nah, mari kita move on dari tulisan di sana, saatnya kita beralih ke tulisan yang lebih komplit lagi nih. Kenapa lebih komplit? Karena sekarang ada sekitar 30-an lebih penerbit anak yang akan saya ditulis (wow kan?). Kebetulan kemarin habis jalan-jalan dari bazar buku dan menemukan buku dengan  penerbit  yang baru saya kenal. 


Ini adalah hadiah buat yang sudah sabar nunggu tulisan saya. Terima kasih atas antusiasmenya menunggu daftar nama penerbit anak ini launching. Hihihi...

Udah tak sabar ya? Ini dia, 31 penerbit yang menerima naskah cerita anak berdasarkan hasil survey emak-emak rajin ini :

1. Gramedia Pustaka Utama (GPU)

GPU menerima naskah umum maupun islami / religi. Penerbit ini juga menerima naskah buku aktivitas dengan label Edutivity. Jadi silakan yang mau mengirimkan naskah anak baik berupa kumcer maupun picture book ke penerbit ini. Namun yang pasti, penerbit ini tidak menerima outline saja alias naskahmu harus sudah komplit, termasuk ilustrasi dan konsep buku. 

2. Muffin Graphics

Penerbit satu ini mengkhususkan pada buku dan komik anak-anak. Bahkan salah satu produknya yang bernama Komik Next G menerima kiriman naskah dari anak-anak usia 8-14 tahun lo. Wow, bukan? Kesempatan banget tuh yang memiliki anak hobi membuat komik bisa mengirimkan naskahnya ke penerbit ini. Oh iya, penerbit ini adalah salah satu imprint dari Penerbit Mizan Grup. Untuk mengetahui jenis buku yang sering diterbitkan, kamu bisa mengunjungi Fanspagenya : Muffin Graphics. 

Jika ingin mengirimkan naskah bisa ke https://muffingraphics.com/kirim-naskah/

3. Elex Media Komputindo

Elex Media Komputindo masih satu rumpun dengan GPU. Penerbit ini memiliki dua lini khusus untuk buku anak, yaitu : 

a. Elex Kidz

Elex Kidz ciri khasnya adalah dongeng anak tema umum (bukan religi). Penerbit ini menerima naskah fabel, legenda, fairy tales dan lain-lain. Penerbit ini juga menerima naskah picture book berseri hingga buku aktivitas. Konsep buku picture book di Elex memiliki ke-khas-an sendiri, berbeda dengan konsep picture book pada umumnya (ada batasan word tiap halamannya). Untuk mengetahuinya ke-khas-an tersebut, silakan anda untuk membeli buku terbitan penerbit ini dan pelajari dengan seksama. 

Contoh buku terbitan Elex Kidz, Penulis Yeti Nurmayati alias saya dan Kak Nazlah Hasni:



b. Quanta kids

Penerbit Elex memiliki lini islaminya, yaitu Quanta Kids. Jadi jika kalian memiliki naskah anak bertema islami, boleh banget kirim ke penerbit ini. Pada umumnya, Quanta menerima naskah kumcer, biografi, kumpulan hadis, kumpulan doa, dan lain-lain. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menerima naskah picture book. Coba saja ya. 
Oh iya, saya memiliki calon buku juga di penerbit ini, sebentar lagi akan launching. Doakan ya!

Buku saya pun sudah terbit! Buku bagus ini sudah ada di seluruh toko buku nasional ya, harganya 78.800 (iklan dulu boleh ye hehe).


Contoh Buku terbitan Quanta Kids



4. Bhuana Ilmu Populer (BIP)

BIP masih satu rumpun juga dengan Gramedia dan Elex. Penerbit ini banyak menerima naskah jenis picture book untuk segementasi 3+, 5+ bahkan 7+. BIP menerima naskah umum maupun religi. Untuk mengetahui tentang cara pengiriman naskah pada penerbit ini, silakan buka di Fanspage : Bhuana Ilmu Populer, karena ada sebuah formulir yang harus diisi ketika akan mengirimkan naskah. Agar mengetahui selera BIP, yang paling harus dilakukan adalah membaca buku terbitan penerbit ini dan pelajari. Oh iya, BIP juga banyak menerima naskah bilingual lho, jika anda memiliki kemampuan lebih, bisa menjadi pertimbangan penerbit. 

Lini  Islami Qibla

Qibla adalah lini islami dari BIP. Menerima naskah kumcer, picbook, ensiklopedia anak, biografi anak hingga komik. Sama seperti mengirim naskah umum, mengirim naskah isalmi juga tetap pada email yang sama namun beda subjek (ditujukan ke Qibla). Untuk formnya juga sama yang tertera di Fanspage BIP. 

5. Ziyad Visi Media

Ciri khas penerbit Ziyad Visi Media adalah pada sistem marketingnya. Mereka cenderung lebih memilih berjualan online dengan sistem reseller. 

a. Ziyadbooks

Ziyadbooks adalah penerbit khusus tema islami sebagai lini dari Ziyad Visi Media. Penerbit ini menerima naskah kumcer islami, biografi, ensiklopedia, hingga komik. Penerbit ini juga menerima naskah picture book. Jadi silakan untuk mengirimkan naskah pada penerbit ini. Untuk alamat email untuk pengiriman naskah bisa ditanyakan lewat messengger di fb : Ziyadbooks. In Sya Allah dijawab, saya pernah tanya soalnya hehe. 

b. Visi Mandiri

Visi mandiri publishing, khusus menerima naksah umum dan terutama buku pendampingan pelajaran sekolah. Penerbit ini menerima naskah kumcer sains, kumpulan fabel, kumpulan cerita realis anak. Tahun ini sepertinya Visi Mandiri pun menerima naskah picture book lo, ayo kirim!

Saya pribadi ada dua naskah di penerbit ini yang sudah Acc, semoga segera terbit ya teman-teman. Mohon doanya ya. 
Facebook penerbit adalah : Visi Mandiri. 

Wajib baca juga : 11 Alamat Email Penerbit Anak yang Bisa Kamu coba Kirimin Naskah

c. Bintang Kelas

Bintang kelas saya sering membacanya. Lini Ziyad Visi Media ini pada umumnya berupa tulisan yang berhubungan dengan sains. 

6. Funtastic M&C

Funtastic M&C masih satu rumpun dengan gramedia grup. Menerima naskah anak berupa kumcer, buku aktivitas, picture book, komik dan lain-lain. 

Lini Islami Qanza

Ini adalah lini baru dari funtastic yang khusus menerbitkan naskah anak tema islami. Untuk mengetahui seperti apa selera penerbit ini, anda harus membaca buku terbitan penerbit buku ini tentunya ya hehe..

7. Penerbit Kanak

Penebit kanak adalah penerbit mayor khusus buku anak sebagai imprint dari penerbit Bumi Aksara. Penerbit ini menerima naskah biografi, Kisah Nabi, kumcer anak tema umum dan lain-lain. Silakan follow facebook dan instagramnya : Penerbit Kanak.

8. Penerbit Cheklist

Penerbit ini sudah banyak menerbitkan buku anak, terutama buku-buku anak islami. Penerbit ini juga menerbitkan buku-buku aktivitas yang dikemas dengan sangat apik (selalu suka cover buku penerbit ini). Ciri khasnya adalah adanya barcode yang bisa discan android. Facebooknya : Penerbit Checklist

9. Scritto
Penerbit ini pun menerbitkan buku anak dengan tema umum maupun islami. Catatan untuk penerbit ini adalah naskah anda harus agak banyak ya jumlah halamannya. 

10. Diva anak

Nah kalau Diva ini yang saya perhatikan lebih banyak buku aktivitas anak TK, Kisah-kisah Nabi, Ensiklopedia dan lain-lain

a. Laksana kidz
Serumpun dengan Diva Kids, sama sih pada umumnya menerima naskah aktivitas dan kisah-kisah Nabi juga Buku-buku khas anak, seperti mengnal suara, dan lain-lain. Untuk detilnya silakan pelajari di facebook : Laksana Kidz

b. saufa kidz
Lini islami anak dari Diva press. Jadi untuk kamu yang memiliki naskah islami anak bisa kirim ke penrbit ini. 

11. Ruang kata

Ruang Kata hampir sama sih menerima naskah anak apapun bentuknya. Fanspage : penerbit Ruang Kata

12. Cikal aksara

Nah, kalau cikal aksara sepertinya lebih banyak menerbitkan naskah aktivitas untuk anak TK. Jadi bagi yang memiliki naskah buku aktivitas anak, cepetan kirim ke penerbit ini. Emailnya bisa ditanyakan ke mimin facebooknya. Fb :Cikal Aksara

13. Indiva

Penerbit Indiva lebih fokus menerima naskah kumcer dan novel anak lo. So buat kamu yang memiliki naskah kumcer dan novel anak, kirim ke penerbit ini. Tapi ingat, penerbit ini tak menerima naskah novel anak genre fantasi ya. 
Pokoknya ada syaratnya deh bisa baca di facebooknya : Penerbit Indiva. 

Oh iya, penerbit ini juga menerima naskah anak yang ditulis oleh penulis anak, yaitu Peci (penulis Cilik). Untuk Peci, bisa berupa kumcer juga lo. Usianya maksimal 12 tahun. 
Nah buat emaknya yaitu novel anak kirimnya ke Lintang bukan Peci. 

14. Penerbit Kiddo

Setahu saya, penerbit ini menerima banyak naskah novel anak. Termasuk yang genre fantasi. 

15. Penerbit Keira

Nah, kalau penerbit ini bisa menerima segala jenis naskah anak. Cobalah kirim ke penerbit ini ya. 


Segera Terbit! Ini Buku Terbaru Saya.
Pemesanan bisa ke wa : 08113032340

16. Salam kids

Untuk mencari tahu naskah yang tepat untuk penerbit ini, silakan lihat di fanspage nya : Salam Kids. 

17. Pro-Kids

Pro-Kids adalah lini buku anak dari penerbit Pro U Media. Penerbit ini menerima naskah khusus islami ya. Bisa bentuk kumcer, picbook bahkan novel. 

18. Penerbit Aqwam

Penerbit Aqwam juga menerima naskah anak khusus islami ya. Saya pernah menanyakannya, jadi silakan kirim jika memiliki naskah anak islami. Fb : Aqwam Jembatan Ilmu

19. Pustaka Al-Kautsar

Pustaka Alkautsar menerima naskah anak terutama islami ya. Oh iya, penerbit ini memiliki imprint yang khusus untuk menerbitkan komik anak, yaitu Salsabila. Anda pasti tahu serial komik Al-Fatih yang best seller itu. Nah itu ada dibawah Salsabila ini. Pokoknya yang punya naskah komik anak islami, boleh kirim ke penerbit ini.

20. Dar! Mizan

Dar! Mizan yang merupakan imprint dari penerbit Mizan menerima naskah Kisah-kisah menakjubkan, picbook berseri, kumpulan picbook dan lain-lain. Hanya saja, sebelum anda kirim naskah ke penerbit ini, pastikan dulu penerbit sedang menerima naskah tidak? Follow Insatgramnya : Dar! Mizan

21. Pelangi mizan

Pelangi mizan juga adalah penerbit buku khusus anak imprint dari penerbit Mizan. Penerbit ini selain menjual buku dengan sistem Direct Selling, juga menerima naskah untuk buku retail lho. So, jangan ragu untuk mengirimkan naskah pada penerbit ini. Hanya saja, masa tunggunya agak lama ya. Sabar!

22. Noura books

Noura books terkenal dengan buku boardbooknya ya. Jika kamu memang memilik naskah dengan konsep yang unik dan menarik, boleh kirim ke penerbit ini.

23. Gema Insani Press

Gema Insani Press menerima naskah anak khusus islami ya. Bisa kumcer, picbook berseri, kumpulan picbook, biografi, buku aktivitas dan lain-lain. Fbnya : Gema Insani Press

24. Tiga ananda 

Tiga ananda adalah penerbit buku anak imprint dari penerbit Tiga Serangkai. Penerbit ini banyak menerbitkan buku picture book berseri lo. Jika kamu berminat menerbitkan picbook berseri, penerbit ini sangat produktif menerbitkan buku dengan konsep seperti itu. 

25. Wahyumedia

Nah, wahyumedia bisa menerima naskah umum maupun islami. Pada umumnya sih kumcer dan kebanyakannya buku aktivitas. 

26. Pensil warna

Saya baru saja kemarin tahu penerbit buku ini karena baca bukunya. Dari yang saya perhatikan, penerbit ini menerima naskah aktivitas anak dan kisah-kisah para nabi juga. 
Contohnya ini ya : 



27. Bintang kecil 

Buku-buku bintang kecil sepertinya memiliki ke khas-an, yaitu adanya barcode untuk di scan android. 


28. Genta Group Production

Penerbit satu ini banyak memproduksi buku-buku nonfiksi islami anai. Seperti kumpulan kisah Nabi, Shahabiyyah, dan lain-lain.

29. Grasindo

Selain menerima novel dan buku dewasa, Penerbit Grasindo ternyata menerima naskah anak juga lho, Gess. Umumnya naskah yang diterbitkan bentuk cerita dan aktivitas. Untuk lebih mendalami bentuk naskah apa yang dibutuhkan, kalian harus membeli buku terbitannya dulu ya. Baca dan pelajari, lalu buat karya sendiri.

Lini Islami Qafila

Nah, Grasindo juga memiliki lini islaminya juga. Saya pernah baca buku terbitannya bentuknya boardbook. So, jangan ragu mengirimkan naskah umum maupun islami ke penerbit ini ya. 

30. Booku 

Ini juga penerbit yang baru saya kenal. Tapi yang terlihat sih kebanyakan bukunya buku aktivitas untuk anak Paud/Tk. 

31. Pustaka Ilham

Saya pun baru tahu penerbit ini di bazar buku kemarin. Silakan detilnya dicari tahu ya, siapa tahu anda berjodoh. hehe

Nah, itulah 31 penerbit buku anak yang siap menerima kiriman naskah kamu, iya kamu! Masih bingung? Jangan dipikirkan, yang penting tulis dan kirimkan, udah itu saja. Buat naskah terbaik, bidik penerbit yang sesuai dengan naskah kamu, lalu kirim dan tunggulah dengan sabar. Karena Editor juga perlu banyak pertimbangan untuk menerima atau menolak naskah kamu. Sebaiknya kalau untuk yang pertama kali kirim ke penerbit tersebut, kirimkan naskah utuh atau komplit ya, agar Editor mudah mereviewnya. 

Selamat kirim-kirim naskah, jangan lupa minta doa suami dan ibu bagi yang emak-emak seperti saya. Bagi yang lajang, minta doa ibu dan ayah agar naskahnya Acc. Teruslah belajar dan menulis, tetap jaga semangat dan jangan cepat menyerah. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon