Sabtu, 09 Mei 2020

7 Sekolah Dasar Islam Favorit di Mojokerto


pic by canva

Ada yang suka pindah-pindah tempat tinggal karena mengikuti pekerjaan suami? Toss dulu kita, Mak hihihi.



Saya termasuk yang pindah dua kali karena suami dipindahtugaskan. Dan yang menjadi PR setiap kali pindah adalah sekolah anak-anak. Kebetulan kami adalah orang tua yang lebih nyaman menyekolahkan anak-anak ke sekolah Islam, karena pertimbangan berbagai hal. Maka, ketika suami dipindah ke Mojokerto pun, kami berusaha mencari sekolah islam yang tidak jauh berbeda dengan sekolah anak kami di Sidoarjo.

Cukup sulit kami menemukan sekolah yang klik buat anak kami. Ada yang cocok di hati anak saya maupun saya, tapi sekolah itu tak mau menerima murid baru alias sudah full kuotanya. Walau sedikit kecewa, tapi mau bagaimana lagi? Baru pertama kali sih, ada SDIT yang menolak murid baru. Sempat dongkol terus terang, karena terlihat sedikit arogan menurut saya saat itu. Belum tahu apa, kalau anak saya ini anak yang pinter dan berbakat? Kok berani menolak siswa berprestasi tanpa dilihat datanya sedikit pun? (Sombongnya saya waktu itu wkwk). Bahkan pegawainya pun terlihat tak memedulikan kedatangan kami, atau mungkin sibuk kali ya. Alhamdulillah, atas izin Allah, pada akhirnya ketemu juga SD Islam yang mau menerima siswa pindahan. Saya pahami sekarang semua itu atas rencana Allah. Allah mengatur semuanya dengan indah. 

Baca Juga : 

Tips Mencari Sekolah yang Cocok Untuk Anak
            Mencari sekolah yang cocok untuk anak memang gampang-gampang susah ya. Gampangnya ya banyak sih sekolah, susahnya cocok tidaknya untuk anak kita. Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa dipakai agar anak sekolah dengan hati yang tenang dan tentu saja harus bahagia versi saya ya.

1.      Cari Tahu Keinginan Anak
Untuk mencari sekolah anak, tentu saja kita harus tahu dulu keinginan anak kita apalagi kan anak SD sudah mulai tahu keinginannya. Yang mau sekolah kan anak kita, maka harus dipastikan anak dilibatkan dalam pencarian sekolah. Tanyakan pada anak ingin sekolah seperti apa? Pada usia SD terutama kelas bawah, anak pasti akan mencari sekolah yang sama atau hampir sama dengan sekolah sebelumnya. Pada usia segitu juga anak cenderung nurut pada pilihan ayah dan ibu. Maka pastikan anak dan orang tua kompak/satu visi. Oh iya, biasanya anak akan lebih nyaman jika sudah ada teman di sana, misalnya anak tetangga walau pun baru kenal juga. 



2.      Gedung sekolah yang aman dan nyaman
Survey sekolah tentu saja penting. Tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa baca di medsosnya atau tanya pada tetangga yang anaknya sekolah di sana. Jika memungkinkan keliling sekolah, lakukanlah bersama anak. Ini sangat membantu anak juga untuk tahu apakah dia nyaman di sekolah dengan Gedung seperti itu. Saat survey, perhatikan toilet. Ini penting sekali, karena kebersihan toilet cukup mencerminkan sekolah tersebut (menurut saya).  Pastikan juga Gedung sekolahnya aman untuk anak. Jika ada tangga pastikan ada pegangannya. Jika memungkinkan bisa juga survey ke kantinnya. Lihat kebersihan, makanan yang disajikan.  

3.      Survey kualitas sekolah
Survey kualitas sekolah bisa dilakukan dengan bertanya ke pihak sekolahnya langsung atau kepada orang tua murid anak yang sekolah di sana. Tanyakan bagaimana dengan guru-gurunya, kurikulumnya, keunggulannya. Dari survey seperti juga insya Allah kita sudah dapat menyimpulkan tentang sekolah tersebut. 

Nah, buat bapak ibu yang sedang mencari sekolah Islam di Mojokerto, pasti bingung kan? Iya, sama saya juga dulu. Oh iya, sekolah Islam ini semuanya full day ya. Pulangnya sekitar pukul 3-4 sore untuk kelas atas, kelas bawah pukul 2 siang. Daripada bingung, saya kasih bocoran sedikit beberapa pilihan sekolah ya, semoga memudahkan dalam pencarian bapak /ibu. Ini semua berdasarkan pengamatan saya saja, semoga benar. 

Berikut adalah tujuh Sekolah Dasar Islam yang menjadi favorit di Mojokerto :
1.      Little Camel Elementary School


Kenapa LC diurutan pertama? Karena anak saya lulusan sana dan alhamdulillah waktu pindahan kelas 4 dulu diterima di sana hehehe. LC memiliki keunggulan dari SD lainnya, yaitu bahasa Inggrisnya. Karena sekolah ini kurikulumnya memadukan kurikulum nasional dan Cambridge curriculum. Makanya bahasa ingrisnya lumayan hehe. Oh iya, buku-bukunya juga jadi lebih mahal ya, karena kan ada tambahan kurikulum luar yang tebal-tebal bukunya.
Oh iya, LC ini sekolah milik pribadi ya bukan Yayasan dan dikenal masyarakat sebagai sekolah elite. Bukan tanpa sebab sih, uang masuk LC terbilang wah untuk ukuran sekolah swasta di Mojokerto. Namanya juga sekolah Cambridge kan. Di LC, guru perempuan dipanggil Umi, guru laki-laki dipanggil Abi dengan tujuan agar terjalin kedekatan antara guru dan murid layaknya anak dan orang tua di rumah.
LC memiliki program unggulan, yaitu Bom Camp, yaitu camping anak-anak dengan materi penanaman kemandirian, disiplin, penataan hati dan sebagainya yang digelar setahun sekali. Bom Camp ini biayanya dari orang tua ya dan jangan bayangin kaya camping SD kita zaman dulu, karena campingnya ini di hotel. Fasilitas sekolahnya adalah Gedung sekolah yang baru dengan ac tiap kelas walau pun zaman anak saya sih seringkali ac-nya tidak berfungsi/tetap panas karena kurang perawatan. Semoga sekarang lebih baik ya, LC!
Alamat : Jl. Irian Jaya No.2, Mergelo, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61321

2.      SDIT Permata

Foto by News.detik.com


SDIT Permata bisa dibilang adalah sekolah dasar islam swasta terfavorit di Mojokerto. Banyak anak pejabat setempat yang sekolah di sana hehe. Bisa dipastikan setiap awal tahun pelajaran, antrian pendaftar sangat panjang bahkan ada yang waiting list lo. Keunggulan sekolah ini menurut saya hapalan Alqurannya. Anak-anak memiliki target hapalan Alquran selain gedungnya yang refresentatif.
Tapi yang harus diketahui SDIT ini jarang menerima murid pindahan. Seperti anak saya dulu, pindahan kelas empat tidak diterima karena kuota sudah penuh. Bisa dimaklumi sih, karena saat awal tahun pelajaran saja banyak yang tidak lolos. Yang menjadi kelebihan si sekolah ini juga adalah kekompakan pihak sekolah dengan wali murid. Ada banyak kegiatan yang melibatkan orang tua murid terjalin dengan harmonis, seperti : pengajian, parenting dan sebagainya. SDIT ini berada di bawah payung Yayasan Permata dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu.
Fasilitas sekolah ini adalah Gedung sekolah yang luas dan baru dengan ac setiap kelasnya.
Alamat : Jl. Raya Meri No.4, Mergelo, Meri, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61315

3.      SDIT Permata Mulia

Foto by : sekolah.data.kemdikbud.go.id
Di urutan ketiga ada SDIT Permata Mulia. Ini adalah SD dimana anak bungsu saya sekolah hehe. SD ini dengan SDIT permata awalnya satu atap, tapi kemudian berpisah membangun sekolah sendiri. Letaknya kalau SDIT Permata di wilayah kotamadya Mojokerto, nah kalau SDIT Permata Mulia di daerah Kabupaten Mojokerto. Keunggulan SD ini adalah kafasihan anak mengaji (makhorijul huruf, tajwid dan sebagainya).
Alamat : Dusun Genengan, Genengan, Banjaragung, Kec. Puri, Mojokerto, Jawa Timur 61363

4.      SD Muhammadiyah Plus

Pic by : muhammadiyahjatim.blogspot.com
SD Muhammadiyah Plus ini juga merupakan sekolah favorit dan banyak diminati oleh masyarakat Mojokerto. Sekolah ini memiliki lumayan banyak ekskul. Keunggulan sekolah ini adalah menerima siswa yang berkebutuhan khusus. Lebih lengkapnya silakan datang ke sekolahnya langsung ya.
Alamat : Jl. Taman Siswa No.25, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 6131

5.      SDIT Al-Akbar
Pic by : Facebook Al-Akbar
SDIT AL-Akbar hampir sama dengan LC dalam hal kurikulum yaitu menggabungkan kurikulum nasional, khas Al-Akbar dan Cambridge curriculum. Al-Akbar menerima murid dari mulai KB-TK hingga SMP. Berada dalam naungan Yayasan Al-Akbar. Salah satu keunggulan Al-Akbar yang say abaca di fanpagenya adalah mengembangkan layanan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan minat siswa melalui active learning yg berbasis ICT N DIGITAL LEARNING yang bisa diakses melalui yukblajar.com. Untuk lebih lengkapnya silakan datang langsung ke alamat di bawah ini :
Alamat : Jl. Raya Bangsal No.1, Kauman, Bangsal, Kec. Bangsal, Mojokerto, Jawa Timur 61381

6.      SD Islam Plus Al-Azhar

Pic by : Youtube Al-Azhar Mojokerto
SD Islam ini sepertinya ada di setiap kota ya? Eh tapi, yang ini kayaknya beda dari AL-Azhar yang setiap kota ada itu. SD Islam plus Al-Azhar yang di Mojokerto ini ternyata memiliki Pondok Pesantrennya juga. Terdiri dari Madrasah Alquran dan Madrasah Diniyyah. Jika dilihat dari profilnya, sekolah ini sangat megedepankan pendalaman Alqurannya. Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi web : https://alazhar.id/
atau bisa datang langsung ke alamat di bawah ini : 
Alamat :  Jl. Al-Azhar Kel. Kedundung Kec. Magersari Kota Mojokerto 61316

7.      SD Islam Imam Syafi’i

pic by : sdiimamsyafii.wordpress.com


SD Islam Imam Syafi,i ini terbilang baru di kota Mojokerto. Memiliki visi sebagai berikut : menjadi SD Islam yang berkualitas dalam mempersiapkan anak yang shalih/shalihah berpedoman al-Quran dan as-Sunnah mengikuti generasi Islam terbaik.
Ciri khasnya : Ahlus Sunnah
Alamat : SDI Imam Syafii, jl. R.A. Basuni No.19G, Sooko, Mojokerto

Nah, itulah tujuh SD Islam Favorit di Mojokerto. Semuanya full day school dan tentunya sangat mendalami ajaran agama Islam. Semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum wr wb,
Mojokerto , 9 Mei 2020.




Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com

1 komentar so far

As a consequence, they owe Harry £500,000, which must be returned inside a week, or the quartet would be in severe hazard. A poker match between an aging skilled player and his teenage challenger is depicted in this function movie directed by Norman Jewison and starring 클레오카지노 Steve McQueen and Edward G. Robinson. If may be} on the lookout for some bankroll administration tips for poker players, then this film is for you. In June of 2017, Warren launched the Preventing and Treating Gambling Disorder in the Military Act of 2017, which would require the DoD to screen servicemembers for playing disorder and embody playing disorder in certain surveys. It took about a decade for lawmakers and the federal government to turn their attention to drawback playing among lively army personnel. “Gambling dependancy is a severe health drawback that impacts veterans and lively duty service members.


EmoticonEmoticon