Sabtu, 21 Januari 2017

KEDIRI DAN KULINERNYA

Tags

Kota Kediri menyimpan seribu kenangan dan kebahagiaan dalam hidupku. Saya yang asli tasikmalaya Jawa Barat “diwajibkan” untuk tinggal di kota ini setelah menikah dengan jodohku yang bekerja di kota ini. Pertama kali datang ke kota ini, saya merasa sangat asing. Ini lah kali pertama saya tinggal cukup jauh dari orang tua yang telah membesarkan saya, dan parahnya saya berangkat tanpa membawa barang sedikitpun. Hanya beberapa baju yang kubawa. Pokoknya saya dan suami mengawali hidup rumah tangga di kota ini dari nol banget. Ya di kediri ini saya membangun cinta, kebahagiaan, berusaha tegar, belajar dan belajar, mencari pekerjaan, mencari teman dan sebagainya.
                Perasaan bagaimana jauh dari keluarga dan juga dari sahabat?
                Gak perlu dibahas yah...ehehe..ya pastinya bakalan melow deh, dan kau pasti sudah memahami. Kalau pengen tau rasanya, yah cobalah merantau sepertin saya hihi..
                Yang akan saya ceritakan tentang kota kedirinya deh ya, oke..kediri ini terdiri dari Kotamadya dan Kabupaten. Saya tinggal di kota Kediri nya, tepatnya di Perumahan Betet Indah B10 Betet Pesantren. Sebelumnya saya pernah tinggal juga di perumahan chandra birawa katang kabupaten Kediri. Yang paling aku kaget dari sekian banyak makanan yang aku temui di kediri ada yang namanya rujak cingur dan rawon, kenapa kaget? Karena hitam boo..wkwkwk..katanya hitamnya yang di rawon itu dari keluwek atau kalau dalam bahasa sunda kelewek atau picung tea, sementara yang di rujak cingur itu dari sambal petis yang menjadi ciri khas daerah jawa timuran ya. Kalau emak-emak yang pertama diingat makanan ya hehe..
                Oke kita lanjut ke makanan lainnya, soto. Soto di Kediri ada beberapa versi, ada yang bersantan kental seperti soto tamanan yang terkenal di terminal tamanan tuh, ada juga soto yang sedikit sekali santannya, contohnya soto legendaris di kediri itu adalah soto Podjok. Soto ini cukup terkenal di Kediri dan menjadi ikon langganan para artis jika datang ke Kediri. Dan jika ingin mencicipi tahu Kediri yang gede banget tuh ada di depot soto podjok ini dalam keadaan tinggal makan alias mateng. Soto jenis lainnya ada juga soto Lamongan, soto ini mah udah pada tau ya secara menjadi salahsatu makanan atau jajanan terlezat sedunia setelah nasi padang menurut suatu survei ya (kalau nggak salah ya) CMIIW.
                Lanjut kita bahas nasi pecel dan nasi tumpang, nih ciri khas kediri banget nih nasi tumpang. Bedanya nasi pecel dan nasi tumpang ada pada bumbunya, jika nasi pecel menggunakan bumbu kacang tanah atau pecel seperti biasanya, nah kalau nasi tumpang bumbunya memakai bumbu tempe bosok. Apa itu tempe bosok? Tempe bosok terbuat dari tempe yang sengaja di buat terlalu kematengan atau hampir busuk. Jijik? Nggak lah. Coba aja jika bertandang ke kediri nyicipin  nasi tumpang. Rekomendasiku di jalan panglima polim itu sudah lumayan enak, sudah ada nasi pecel, nasi tumpang, jenang dan lain-lain. Dan tau nggak, karena tidak terbiasa sarapan yang pedas-pedas saya mah lebih suka nyari bubur ayam ketrimbang nasi pecel. Biasanya makan nasi pecel jika memang dari rumah sudah sarapan nasi biasa yang nggak pedas. Nah loh makanya jadi berisi badannya ya..hehe..sarapannya dobel.
                Selanjutnya kita bahas tentang makanan khas kediri bangeet nih, yup Tahu kediri. Tahu di kediri banyak sekali macemnya. Ada yang jenis pong dan ada yang jenis takwa. Katanya yang jenis pong itu yang warnanya putih lebih lembut, nah kalau yang jenis takwa ini yang warna kuning sudah dalam keadaan matang, tekstur nya lebih keras kenyal nggak mudah hancur, biasanya sering dimakan langsung tanpa pemasakan lagi. Tapi kalau saya gak berani, tetap harus digoreng dulu. Ada satu perusahaan tahu yang sudah turun temurun dari generasi ke generasi dan sangatt menjaga kualitasnya dengan tidak membuka cabang dimanapun, yaitu tahu bahkacung yang terkenal dengan tahu takwanya.

Itulah sekelumit kuliner di daerah kediri yang patut dicoba jika anda singgah atau berwisata ke kota ini. selanjutnya saya akan bahas wisatanya dan juga tidak lupa sekolah-sekolah nya yang menjadi favorit di kota tahu ini. see you next time..

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon