Rabu, 29 Maret 2017

MEMILIH SEKOLAH YANG TEPAT UNTUK ANAK TK dan PG

Tags


Emak lagi bingung memilih sekolah yang tepat untuk putra putrinya yang sudah
 berusia 4-5 tahun? Bingung harus memilih sekolah yang seperti apa? Galau karena tidak tahu harus mencari sekolah seperti apa yang cocok untuk anak Emak? Jangan khawatir, Mak, saya memiliki 5 tips penting yang dapat menjadi panduan emak dalam menentukan sekolah yang cocok untuk anaknya. 
1. Perhatikan kesiapan anak
Sebelum Emak betul-betul memasukan anak ke sekolah, harus dipastikan bahwa anak Emak betul-betul siap untuk bersekolah. Jangan sampai ide sekolah itu hanya keinginan atau ambisi Emak semata. Emak bisa memastikannya dengan melihat apakah anak sudah bisa fokus pada sesuatu hal meski hanya beberapa menit. Misalnya, anak bisa tidak fokus dalam mewarnai, menggunting, menempel sampai tuntas? Jika belum bisa fokus dan masih main sesuka hatinya, ya artinya belum siap ke sekolah. Karena di sekolah ada aturan yang harus ditaati anak. 
2. Survei ke sekolah-sekolah dengan melibatkan anak
Survei dengan melibatkan anak sangat mempengaruhi semangat dan kepuasan anak. Lakukan survei bersama anak ke beberapa sekolah, dan biarkan anak memlilih sekolah yang paling dia sukai. Biasanya anak akan memilih sekolah yang nyaman, rapi dan banyak mainannya. Emak tidak perlu khawatir tentang ini, anak-anak akan tahu mana yang nyaman dan tidak untuknya. Dan ketika anak sudah memutuskan inginnya sekolah A Emak jangan memaksanya untuk memilih sekolah B. Hal ini akan membuat anak kecewa dan kejadian mogok sekolah akan lebih mungkin terjadi. 
3. Tanyakan semua hal tentang sekolah sedetil-detilnya
Ini tugas Emak untuk menggali informasi sedetil-detilnya tentang sekolah tersebut. Tanyakan hal-hal dari yang sangat penting dan kurang penting. Emak tak perlu merasa canggung bertanya untuk kebaikan anak. Emak bisa tanya informasi mengenai kurikulum sekolah, jumlah guru, pendidikan guru, kegiatan-kegiatan, kantin sekolah, dan lain-lain. Sebelumnya emak cari tahu dulu informasinya mengenai sekolah TK yang ideal dari mulai jumlah guru dan proporsi muridnya, sistem pendidikan atau kurikulumnya, dan lain-lain sebagai bahan pembanding. Bisa juga bertanya pada orang tua murid yang sekolah disana. 
4. Perhatikan situasi dan kondisi sekolah
Ketika survei, Emak perhatikan baik-baik situasi dan kondisi sekolah. Perhatikan bagaimana sikap guru ketika mengajar dan ketika memperlakukan anak Emak. Perhatikan dinding sekolahnya, sekolah yang baik adalah yang memiliki dinding penuh dengan hasil karya siswanya dengan variasi yang berbeda. Jika karyanya seragam bagusnya, artinya guru kurang memperhatikan anak dengan perbedaan perkembangan dan kemampuan. Lihat juga toiletnya, jika bersih dan harum berarti peduli kebersihan dan kesehatan. Kalau saya pribadi kurang setuju ada kantin di dalam sekolah TK/PG, saya lebih menyukai anak-anak membawa bekal dari rumah. Hal yang tak kalah penting adalah pedagang di depan sekolah, jika ada dan anak-anak bebas jajan di sana jangan pilih sekolah tersebut.
5. Sesuaikan dengan budget Emak
Carilah sekolah yang sesuai dengan budget, karena tak dipungkiri sekarang sekolah itu sangat beragam dari mulai yang termahal hingga yang biasa saja. Harus Emak tahu bahwa sekolah yang biasa juga belum tentu pembelajarannya jelek dan begitu pun sebaliknya. Sesuaikan dengan budget dan tujuan Emak menyekolahkan anak. Sekolah yang mahal biasanya memiliki program yang banyak pula, jika menurut Emak masih masuk akal dan bagus untuk anak-anak ya silakan jadikan pilihan. 
Itulah tips penting dari saya sebagai Ibu dari 2 anak yang telah melakukan hal-hal di atas dan cukup berhasil. Jadi semua dikembalikan ke Emak, mau anaknya mendapatkan ilmu-ilmu seperti apa, diintervensi seperti apa, goal apa yang ingin Emak dapat dari anak Emak. Hanya Emak yang tau. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon