Sabtu, 08 April 2017

5 Kegiatan yang Dapat Membuat Ibu Rumah Tangga Bahagia dan Bebas Stress

Tags



Menjadi ibu rumah tangga seutuhnya adalah sebuah pilihan yang kerap diambil Emak-Emak, karena menginginkan fokus dalam mendidik anak dan mengurus rumah tangganya. Tak jarang Emak memutuskan meninggalkan pekerjaan kantornya untuk tinggal di rumah agar lebih intens mengurus anak dan mengelola rumah tangga. Bukan perkara mudah melakukan pekerjaan rumah tangga yang tidak pernah ada habisnya, dari bangun tidur hingga tidur lagi tidak pernah beres selama 24 jam, tak ada libur atau pun cuti. Belum lagi jika sudah mempunyai lebih dari satu balita, kerjaan rumah semakin kompleks saja. Emak yang belum tebiasa kadang menjadi down dan stress. Sehingga dampaknya bukan membuat rumah tangga semakin bahagia, malah sebaliknya serasa hidup di neraka.
Meskipun lelah sudah jiwa raga, Emak juga tetap harus menjaga hubungan dengan suami. Jangan mentang-mentang Emak sudah capai mengurusi rumah seharian terus melupakan kewajiban melayani suami. Suami mana yang mau dinomor duakan? Emak harus tetap menjaga hubungan yang mesra dengan suami, supaya suami tetap betah di rumah. Ingat Mak, jika suasana rumah adem ayem, menyenangkan, suami akan lebih semangat dalam bekerja mencari nafkah, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, orang sering menyebutkan bahwa dibalik kesuksesan suami ada istri yang hebat.
Untuk menyiasati supaya Emak tetap bahagia dalam menjalani peran sebagai istri dan Ibu, berikut penulis tuturkan kegiatan-kegiatan yang dapat Emak lakukan untuk menghindari dari rasa stress :
1.    Menyalurkan Hobi
Menyalurkan hobi yang Emak miliki dapat membuat Emak happy. Salurkan hobi Emak di sela-sela kesibukan Emak sebagai Ibu rumah tangga. Atau Emak bisa menjadwalkannya kapan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. Ada banyak hobi yang dapat Emak lakukan tanpa harus pergi keluar rumah. Misalnya : menulis, berkebun, menjahit, memasak dan lain-lain. Bahkan sudah banyak yang membuktikan dari hanya sekedar hobi dapat mendulang banyak rupiah. Asalkan Emak bisa mengatur waktu dengan baik antara mengurus rumah tangga dan menyalurkan hobinya tersebut. 
2.    Me Time
Bicara me time rasanya Emak tak bisa mempunyai me time. Siapa bilang Mak? Me time tidak perlu sampai seharian penuh, Emak bisa me time bahkan dengan hanya di rumah saja. Emak bisa mendatangkan ahli message untuk melemaskan badan emak yang sudah cape, atau mendatangkan ahli spa untuk perawatan seluruh tubuh. Jika suka bernyanyi, karaoke di rumah juga menjadi pilihan yang bagus. Banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan Emak untuk kegiatan me time nya. Membaca novel favorit juga adalah me time yang sangat bermanfaat untuk kebahagiaan Emak, begitupun dengan kegiatan fisik seperti : olahraga renang, aerobik, yoga dan lain-lain sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran Emak.
3.    Bergabung dengan Komunitas yang Positif
Sebagai mahluk sosial Emak pun perlu bersosilisasi dengan teman atau saudara. Bergabunglah dengan komunitas yang postif yang dapat membuat Emak semakin maju. Ada banyak komunitas baik online maupun offline yang dapat Emak ikuti. Pilihlah komunitas yang membuat Emak senang dan semakin berkembang ketika berada di dalamnya. Bergabung dengan komunitas yang sehobi dapat membuat hidup Emak semakin bahagia. 
4.    Melakukan Kegiatan Sosial
Walaupun hanya tinggal di rumah tidak berarti Emak tidak peduli sesama. Ikutlah kegiatan sosial yang sekiranya bisa Emak ikuti yang dapat membuat diri sendiri merasa lebih bermanfaat. Emak bisa menyiasatinya misalnya, ikut kegiatan sosial di hari minggu ketika anak-anak bisa dititipkan besama ayahnya di rumah. Hidup dengan berbagi sangat penting untuk kestabilan jiwa Emak, sehingga Emak akan selalu bersyukur dengan kehidupan yang ada di depan mata. Dengan mensyukuri segala nikmat yang Allah anugerahkan akan menjadikan hidup lebih bahagia.
5.    Merintis Usaha Rumahan
Jika anak-anak Emak sudah mulai bisa mandiri, merintis usaha kecil-kecilan dari rumah bisa menjadi pilihan. Selain dapat menghilangkan rasa jenuh juga dapat menghasilkan tambahan penghasilan buat Emak. Emak bisa mencari referensi usaha apa saja yang  paling cocok untuk dilakukan. Mulai lah dari sesuatu yang paling Emak sukai untuk dikerjakan.
Itulah 4 kegiatan yang dapat Emak lakukan agar sehat jiwa raga dan dapat melakukan peran sebagai ibu rumah tangga yang bahagia, jauh dari stress. Jadilah Emak yang selalu tersenyum dan happy supaya tetap cantik dan awet muda. Energi positif Emak akan menular ke seluruh anggota keluarga di rumah, sehingga rumah betul-betul menjadi surga bagi penghuninya. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon