Senin, 10 April 2017

Pro Kontra Minum Kopi Untuk Kesehatan Perempuan yang Sedang Hamil

Tags


Anda fans berat kopi? Tak mampu melupakan kopi bahkan ketika Anda sedang hamil? Kopi memang sangat nikmat, apalagi di minum pada saat cuaca dingin atau dalam suasana pikiran kalut. Kopi bagi sebagian orang sangat membantu sekali pada saat diharuskan begadang karena kopi mempunyai efek menghilangkan rasa kantuk, meningkat kan gairah, bahkan dapat membuat pikiran menjadi lebih fokus.

Penikmat kopi terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya kaum laki-laki yang sudah kecanduan nikmatnya kopi tetapi kaum perempuan juga sangat menyukai minuman satu ini. Maka tak heran usaha-usaha yang memiliki basic minuman kopi terus bermunculan bersamaan dengan semakin banyaknya aneka jenis dan inovasi dari penjualnya.

Sah-sah saja jika Anda sangat mengidolakan kopi asalkan tetap dalam porsi yang sewajarnya. Apapun jika berlebihan akan memiliki dampak yang kurang baik. Bagi Anda yang dalam keadaan hamil dan tetap ingin minum kopi juga boleh-boleh saja, sekali lagi selama dalam porsi tidak berlebihan. Anda yang sedang hamil hanya boleh minum kopi maksimal 200 mg per hari setara dengan 2 cangkir kopi sachet tidak boleh lebih.

Efek kopi yang membahayakan buat Anda yang sedang hamil adalah akibat dari zat yang terkandung di dalam kopi yaitu kafein.  Kafein sebetulnya bukan hanya terdapat dalam kopi tetapi juga terdapat dalam coklat, teh, obat flu dan minuman ringan. Jadi untuk Anda yang sedang hamil lebih baik mengurangi atau mempertimbangkan asupan makanan dan minuman tersebut untuk kebaikan janinnya.  Kafein dapat mudah menembus plasenta dan masuk ke saluran darah janin, akibatnya diduga dapat meningkat kan resiko terjadinya keguguran, kelahiran mati, lahir cacat, kelahiran prematur, anemia dan lain-lain.

Kopi sebetulnya mempunyai manfaat juga untuk Anda yang sedang hamil selama meminum sewajarnya. Dari berbagai penelitian menyebutkan kopi dapat memberikan efek positif pada mood Anda. Sebagaimana seorang yang sedang hamil akan mengalami perubahan emosional yang unstabil akibat dari faktor hormonal, dengan minum kopi mood akan lebih bagus dan membuat Anda jauh dari stress. Manfaat kopi juga dapat menghindari depresi yang rentan terjadi pada emak yang sedang hamil. Banyak perempuan yang merasa belum siap dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya dan kadang memicu timbulnya depresi, dengan minum kopi dapat membuatnya lebih rileks.

Selain manfaat di atas, manfaat lainnya yaitu kopi dapat menghindarkan Anda dari penyakit demensia alzheimer atau penurunan daya ingat. Hal ini dikarenakan dalam kopi ada zat stimulan yaitu kafein yang bersifat psikoaktif, artinya dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Jika aliran darah lancar hingga ke otak, maka otak tidak kekurangan oksigen dan berfungsi secara normal. Dan masih banyak lagi manfaat kopi bagi perempuan yang sedang hamil selama tidak di minum secara berlebihan, seperti manfaat kopi hitam untuk mengurangi kelebihan gula darah dan sebagainya. Jangan lupa juga ternyata kopi (jika diminum tidak rutin) menurut beberapa penelitian juga dapat membakar kelebihan lemak yang ada ditubuh wanita hamil, sehingga membuatnya terhindar dari obesitas.


Itulah pro kontra minum kopi bagi wanita yang sedang hamil. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengganti kopi dengan minuman yang lebih rendah kafeinnya seperti teh atau kopi tanpa kafein. Lebih sehat lagi jika Anda memilih jus buah. Semua dikembalikan lagi pada diri sendiri, setiap tubuh memiliki kapasitas masing-masing dan Anda paling tahu kedaan tubuhnya. Tetapi yang jelas tidak ada ibu yang menginginkan bayinya bermasalah. Selama Anda merasa oke tak ada masalah dengan janinnya tetap boleh minum kopi kesukaannya. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon