Minggu, 02 April 2017

TIPS CERDAS MEMILIH BUKU BACAAN YANG COCOK UNTUK BALITA

Tags

Emak memiliki balita dan ingin diperkenalkan pada buku? Emak ingin anaknya kelak menjadi seorang penyuka buku? Terus Emak bingung bagaimana memilih buku yang tepat untuk balitanya? Ya, memiliki anak yang suka membaca buku memang sangat membanggakan ditengah banyaknya gempuran games anak yang melenakan. Dan memang untuk mencetak anak yang suka baca buku, upaya Emak harus dimulai ketika anak masih balita bahkan ketika baru lahir.
Berikut adalah tips memilih buku yang sangat tepat untuk balita :
1.      Pilihlah Buku dengan Bahan yang Tebal, Tidak Mudah Sobek seperti Karton (Board Books) dan Aman
Balita akan menunjukkan minatnya pada buku dengan caranya sendiri. Bisa dengan cara memukul-mukul buku, menggigitnya, melempar-lemparkannya, dan sebagainya. Tidak jarang akibat dari perbuatan balita ini bisa membuat buku cepat rusak, usang, sobek, dan akhirnya nyangkut di keranjang sampah. Nah disinilah perlunya Emak menyediakan buku yang tepat, buku yang bisa meminimalisir kejadian semacam itu. Solusinya Emak harus menyediakan jenis buku board books yang tebal, gak gampang sobek, gak mudah menyerap air sehingga buku menjadi awet untuk balita Emak.
Jangan khawatir Mak, sekarang sudah banyak penerbit buku Indonesia yang menerbitkan buku khusus untuk balita. Emak tidak perlu impor dari luar negeri. Dan yang tidak kalah penting juga Emak harus memastikan keamanan dari buku yang akan dibeli. Jika sudah mendapat buku board books, Emak pastikan bahwa ujung-ujung bukunya tidak lancip sehingga tidak akan menyakiti balita Emak.
2.      Memiliki Komposisi Perbandingan Gambar dan Tulisan 70:30, 70 Berupa Gambar atau Ilustrasi dan 30 Berupa Bacaan
Buku yang baik untuk balita adalah buku yang lebih menonjolkan gambarnya atau ilustrasinya ketimbang bacaannya. Balita pada dasarnya akan menyukai gambar ketimbang bacaan. Karena pada intinya kita sebagai orang tua ingin memberikan pengalaman pra membaca yang mengesankan kepada balita kita, bukan mengajarkan membaca buku. Pengalaman membaca yang mengesankan inilah yang akan diingat anak, sehingga anak akan mencintai buku. Emak juga bisa berimprovisasi sendiri berdasarkan gambar yang tersedia di buku ketika Emak membacakan buku.
3.      Full colour
Hindari membeli buku yang warnanya hitam putih karena tidak akan diminati balita Emak. Belilah buku yang full colour.
4.      Isinya Bergizi untuk Perkembangan Otak Anak
Ketika membeli buku jangan tergoda pada judulnya saja ya Mak, terus langsung dibeli deh. Jangan! Emak harus buka isinya dan tahu apa isi buku tersebut. Karena tak sedikit buku yang katanya untuk balita tetapi tersimpan hidden message yang negatif. Pilihlah buku yang bergizi untuk nutrisi otak balita Emak.
5.      Menarik
Dengan semakin membanjirnya permintaan buku-buku khusus untuk balita, creator dituntut untuk terus berinovasi. Maka tak sedikit penerbit buku yang berlomba-lomba mengeluarkan inovasi-inovasi terbaik mereka. Diantara sekian kreativitas yang mereka hasilkan adalah buku jenis POP UP BOOKS. Pop books ini buku yang dirancang khusus dengan cara manual sehinga menghasilkan buku dengan gambar yang timbul atau 3D.
Balita dipastikan akan senang dengan pop up books ini. Tetapi ingat selalu dampingi si kecil ketika bermain dengan bukunya supaya bukunya tetap aman dan tidak cepat rusak.
6.      Buku yang Dapat Merangsang Kreatifitas Anak
Pilihlah buku yang dapat menstimulasi perkembangan otak anak. Banyak tersedia di toko buku jenis buku ini, dimana anak akan dirangsang untuk melakukan sesuatu hal berupa aktivitas yang melatih daya imajinasinya. Contohnya : buku menggambar, mewarnai, buku aktivitas dan lain-lain
7.      Buku dengan Aplikasi Modern dan Dapat Dibaca Epen
Semakin berkembangnya dunia perbukuan dengan peminat yang terus bertambah membuat para penerbit berlomba-lomba mengeluarkan produk unggulan masing-masing. Ada beberapa diantaranya yang memasang aplikasi android yang membuat gambar yang dilihat timbul (3D) yaitu dengan aplikasi augmented reality. Dan banyak pula diantaranya yang melaunching produk baru yang dapat di baca dengan bantuan Epen. Epen adalah Electronic Pen yaitu pensil yang dapat membaca buku hanya dengan sekali sentuh.
Boleh lah jika niatnya mengenalkan balita pada buku dengan bantuan benda-benda menarik tersebut. Balita Emak pasti akan suka dan lebih semangat lagi membaca bukunya.

Itulah tips cerdas memilih buku yang tepat untuk balita Emak. Jadi, jangan ngawur beli buku untuk balitanya ya Mak, berikan yang terbaik, dampingi dengan konsisten dan nikmati hasilnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon