Jumat, 31 Maret 2017

15 CARA MUDAH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Tags


Emak mana yang tak galau melihat anaknya susah makan. Makanan apapaun ditolaknya, maunya makan yang itu-itu saja (eaty picker). Emak kebingungan harus bagaimana caranya membuat anak mau makan apapun yang Emak sajikan? Tenang Mak, jangan stress saya punya solusinya.
Ini dia tips mudah mengatasi anak yang susah makan :
1.      Biasakan Untuk Makan Bersama dengan Keluarga Besar
Makan bersama dengan seluruh keluarga adalah kegiatan yang bagus untuk memberikan semangat dan contoh makan yang baik untuk anak-anak. Di dalam proses makan bersama anak-anak belajar dan memperhatikan apa yang sedang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Jadi Mak usahakan untuk selalu makan bersama dengan seluruh anggota keluarga.
2.      Sajikan Makanan yang Bervariasi
Nah disini Emak harus pintar-pintar membuat menu makanan yang berbeda-beda supaya anak-anak tidak bosan dan mogok makan. Emak bisa cari-cari referensi menu dari berbagai sumber dan teruslah mencoba.
3.      Hindari Memberi Makanan Dalam Porsi yang Banyak
Ingat ya Mak anak kita masih kecil dan kebutuhan akan  makanan nya pun masih sedikit. Oleh karena itu jangan dikasih makanan dengan porsi orang dewasa, kasihan lambung anak kita masih kecil Mak. Kasih makanan sesuai dengan kebutuhannya. Jika terpaksa anak diasuh orang lain beritahu pengasuhnya tentang seberapa banyak harus memberi makan anak Emak karena saya sendiri sering lihat anak kecil yang dikasih makan dengan porsi yang wow dan kadang diberikan hingga anak muntah.  
4.      Hindari Memberi Susu atau Cemilan Sebelum Makan
Ini faktor yang paling sering terjadi. Emak tidak bisa menolak ketika anak minta minum susu padahal sebentar lagi waktunya makan. Sebaiknya ini dihindari jika ingin anak betul-betul makan dalam kedaan lapar.
5.      Membiasakan Makan Sebagai Kegiatan yang Menyenangkan
Sambil makan Emak bisa membicarakan apa yang anak makan, jika kebetulan makannya dengan sayur sop Emak bisa menanyakan sayuran apa saja yang ada dalam makanan itu, warnanya apa, bentuknya apa, dan sebagainya.
6.      Menyajikan Makanan dengan Cara Menarik
Kreatifitas memang tak pernah mati. Nah Emak bisa menyajkan makanan dengan kreatifitas Emak. Bisa dengan membuat makanan dengan bentuk hewan kesukaan anak atau bentuk buah dan lain-lain. Sudah banyak dijual cetakan makanan untuk mempermudah Emak. 
7.      Tempat Makan Bergambar Kartun Favorit
Belilah tempat makan sesuai dengan tokoh kartun kesukaan anak. Misalnya, tokoh mickey mouse dan lain-lain.
8.      Lakukan Aktivitas Fisik
Anak jika kurang beraktivitas akan tumbuh menjadi anak yang gemuk dan malas. Maka Emak harus berusaha membuat anak bergerak, karena dengan bergerak anak akan mudah lapar kembali.
9.      Jangan Pernah Memaksakan Makanan yang Tidak Disukai Anak
Ini penting banget, jangan memaksakan makanan yang tidak disukai anak Emak. Akibatnya fatal, anak bisa trauma dan menolak makanan-makanan baru yang disajikan Emak. Jika mau diberikan cobalah sajikan bersama makanan favorit anak dan jelaskan manfaat dari makanan tersebut untuk tubuh anak.
10.  Hindari Hal-Hal yang Dapat Membuat Anak Tidak Fokus
Jauhkan benda-benda yang dapat mengganggu konsentrasi anak pada makanan. Misalnya : mainan, televisi dan lain-lain
11.  Biarkan Anak Belajar Makan Sendiri
Kasih anak-anak makanan dengan piringnya sendiri dan biarkan makan sesuka hatinya. Jika Emak khawatir anak makannya kurang, Emak bisa sambil sesekali menyuapi dengan piring yang lain.
12.  Pujian
Jika anak pintar makannya jangan lupa pujilah dia, dan berilah reward sebuah kecupan atau sebuah gambar star di tangannya.
13.  Membuat Makanan Bersama Anak
     Untuk anak usia 2 tahun ke atas momen masak bareng bisa jadi ajang memperkenalkan makanan atau menumbuhkan kesukaan anak pada makanan. Anak-anak akan semangat makan jika itu hasil masakannya sendiri.
14. Jadwal Makan 
    Buatlah jadwal makan seperti halnya jadwal mandi, jadwal tidur dan lain-lain sehingga anak menjadi tahu kapan saatnya makan dan tidak makan. 
15. Mempersiapkan Makanan Dibantu Anak
ketika anak menginjak 2 tahun bisa kita ajak anak kita untuk menyiapkan  masakan untuk sehari hari .Anak-anak bisa kita ajak membeli kebutuhan atau bahan-bahan apa saja yang diperlukan hingga memasak dan menyajikan dengan melibatkannya sesuai dengan kemampuan anak kita. 

Itulah cara mudah mengatasi anak susah makan. Intinya yang diperlukan adalah usaha dan kesabaran Emak dalam menghadapi anak-anak. Catatan penting jangan terpaku hanya pada nasi ya Mak, karena banyak makanan lain yang nilai gizinya sama dengan nasi bahkan lebih baik untuk pertumbuhan buah hati Emak. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon