Rabu, 12 Februari 2020

Tiga Cara Jitu Mendapatkan Buku Favorit Tanpa Harus Keluar Uang Sama Sekali (Tips Keluar dari Mental Gratisan)



Foto Dokpri
Hai, selamat siang, teman-teman. 
Sambil sharing di dua grup wa tadi pagi, saya menulis ini nih. Sepertinya cocok dibaca emak-emak ya, hihi. 
Beberapa Minggu yang lalu, saya membaca sebuah postingan di sebuah grup penulisan terkenal di seantero Facebook. Seorang Ibu rumah tangga muda curhat, katanya suka kesel kalau ada Author yang membukukan karyanya saat sedang asyik-asyiknya dia jadi pembaca setia. Kebetulan kan di grup itu, setiap hari para penulis yang jumlah puluhan ribu itu menulis ceritanya. Ceita di sana,  bisa dibaca secara gratis oleh semua member, yang tujuan sebetulnya meminta kritik dan saran. Nah, si Emak muda ini suka membacanya setiap hari, karena lumayan katanya hiburan gratisan.
Ketika tinggal beberapa part lagi menuju ending, biasanya Author akan menghentikan hiburan gratis itu, karena mau diterbitkan jadi novel. Ya bener la ya, kan setiap penulis ingin ceritanya jadi buku. Setelah jadi buku kan bisa dijual dan mendapatkan keuntungan. Memang wajar sikap penulis tersebut, mengingat setiap orang yang berkarya, pada umumnya ingin mendapatkan keuntungan.
Karena hal tersebut, si Emak muda itu meradang hatinya. Hiburannya hilang, dan katanya untuk beli novelnya dia tidak memiliki uang. Makanya sekarang dia katanya ogah-ogahan hanya sekadar untuk like karya saja di sana. Takut PHP katanya. La dalah, mak emak, apa susahnya sih nyenengin teman yang berkarya sedikiit saja? Mungkin tak berarti satu like saja bagi emak, tapi bagi si penulis bisa meningkatkan semangatnya untuk terus menulis atau melanjutkan ceritanya.
Nah, emak-emak emang pada dasarnya paling suka yang gratis sih, tak bisa dipungkiri, ya kan? Kalau ada yang gratis, kenapa mesti bayar, begitu semboyannya.
Tapi Mak, sebetulnya bisa lo emak mendapatkan buku teman emak itu secara gratis, asal tahu caranya.
Supaya emak tetap elegan mendapatkan buku gratis tis, emak bisa melakukan beberapa upaya di bawah ini. Yaah, diperlukan sedikit upaya sih, dan saya kira jika sungguh-sungguh hasilnya bahkan bisa menambah uang jajan anak lo. Tapi, cara ini bisa membuat jati diri emak tidak tercabik lo dengan sebutan mental gratis. Siapa sih yang ikhlas dibilang mental gratisan?
Mau tahu nggak caranya? Pastinya ya.
1.     Menjadi Reseller
Biasanya kan penulis buku akan menjual bukunya. Pada ummnya mereka membuka masa Pre Order, apalagi jika terbitnya di penerbit Indie sudah pasti ada masa Open Pre Order. Nah, emak bisa mendaftarkan diri menjadi reseller. Menjual bukunya, missal dapat 10 ribu dari harga buku 100.000. Dengan membantu jualan 10 eks saja, emak sudah bisa memegang buku favorit karya teman emak.
Syaratnya tentu saja harus ada kemauan untuk promosi. Jika saya boleh bercerita, ada lo teman-teman yang jadi reseller buku, mendapatkan uang yang cukup lumayan.
2.    Ikutan Give Away
Penerbit atau penulis, ada kalanya membuat give away untuk menarik minat pembeli. Emak ikutlah, mana tahu beruntung kan. Teman saya banyak yang mendapatkan buku dari hanya ikutan give away ini. Syarat ikut give away adalah harus benar-benar dibaca dan dilakukan perintahnya. Buatlah jawaban yang antimainstream jika berupa pertanyaan.
3.    Menjadi Buzzer atau Endorser
Kalau poin ketiga adalah, kalian bisa menerima jasa buzzer atau endorse. Buzzer di facebook atau ig, dibayar cash. Jadi emak bisa mengiklankan buku teman secara berkala sesuai kesepakatan, dan dibayar sesuai perjanjian. Kalau endorse, biasanya meminta review di blog atau di media sosial. Bukunya diberikan secara gratis dong.
Tuh kan, jika emak mau sedikit usaha, sebetulnya mudah saja mendapatkan novel teman dengan tiga cara di atas. Bahkan, emak pun bisa mendapatkan uang lebih daripada sekedar mendapatkan novel gratis.
Jangan mau memiliki mental gratisan, apalagi masih memiliki anggota badan yang berfungsi dengan baik. Pergunakan segala potensi diri kita untuk hal-hal positif, sebagai bukti syukur kita pada Tuhan.
Selamat pagi dan selamat beraktifitas.



Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon