Sabtu, 20 Mei 2017

Tips Mendidik Anak ala Umi Pipik Dian Irawati

Tags



Siapa yang tidak mengenal umi Pipik Dian Irawati? Istri mendiang Ustad Jefry Al-Buchori ini pada hari Sabtu 6 Mei 2017 bertandang ke Kota Mojokerto dalam rangka memenuhi undangan Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh salah satu SD islam di mojokerto. Bertempat di sebuah Mall, Umi Pipik bersama Mbak Cicik Tegal menyampaikan ilmu tentang mendidik anak.

Seperti sudah diketahui bersama, Umi Pipik adalah seorang single parent yang harus merawat keempat anak-anaknya sendirian semenjak kepergian suaminya. Dengan segala kekuatan yang Ia peroleh dari doa-doanya kepada Allah, beliau bisa melewati fase kesedihan itu. Nah, pada acara Tabligh Akbar tersebut beliau menyampaikan cara-cara mendidik dan mengasuh anak sesuai dengan ajaran Allah.

Umi pipik dalam urusan mendidik anaknya berguru dari seorang yang sangat shaleh. Yang diabadikan oleh Allah dalam satu surat Al-Quran, yaitu Q.S Al- Luqman. Seseorang yang bukan siapa-siapa tetapi Allah menjadikannya istimewa. Beliau adalah budak belian yang shaleh bernama Luqmanul Hakim. Luqmanul hakim dipilih Allah karena dianggap sangat patut untuk diteladani.
Itulah bukti bahwa Allah memilih hambanya tidak berdasarkan status sosial, jabatan, tampang atau lain-lainnya namun hanya berdasarkan keshalehan dan keimanan. Luqmanul Hakim bukan nabi atau pun orang terhormat lainnya namun beliau diistimewakan oleh Allah. Pola mendidik anak yang dicontohkan oleh Luqmanul Hakim adalah sebagai berikut :

1.  Kenalkan Allah Sejak Bayi di Dalam Kandungan
Bayi bisa mendengar sejak ditiupkan ruh ke dalam tubuhnya oleh Allah. Itu terjadi sekitar usia kandungan empat bulan. Oleh karena itu dianjurkan untuk para ibu untuk selalu berbicara kepada bayinya itu. Ketika mau melakukan suatu kebaikan apapun ajaklah dia. Misalnya mau shalat, katakan padanya, “ayo nak, kita shalat bersama,” begitu pun jika mau mengaji atau melakukan hal-hal baik lainnya lakukan hal yang sama.
Ketika anak sudah lahir dan berusaha mengeluarkan kata-kata pertama, ajarkan pertama kali menyebut nama ALLAH.

2.  Ajari Cara Menghormati Orang Tua
Hormat pada orang tua sangat diwajibkan dalam islam. Menghormati orang yang telah melahirkan dan merawat kita dengan sebaik-baiknya adalah sebuah keharusan. Cara terbaik yang harus dilakukan untuk memberi pelajaran hormat pada orang tua adalah dengan memberikan contoh kepada anak kita.

3.  Ajarkan Shalat
Ini yang paling penting, ajari anak shalat sedini mungkin. Berikan contoh, ajaklah anak ketika mau pergi shalat baik ke mesjid maupun di rumah. Ketika anak sudah terbiasa shalat maka harus terus disupport agar tetap semangat.

Umi pipik juga menekankan kepada para orang tua yang menghendaki anak-anaknya menjadi seorang penghapal Al-Quran, harus memberikan contoh. Artinya orang tua juga harus hapal Al-Quran seperti anaknya.


Itulah tips mendidik anak ala Umi Pipik Dian Irawati, seorang single parent yang sukses meneruskan misi suaminya dalam berdakwah sekaligus sukses dalam mendidik anak-anaknya menjadi anak yang shaleh. 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon