Sabtu, 20 Mei 2017

Wow! Mojokerto juga Memiliki Sleeping Buddha!

Tags


Siapa bilang Sleeping Buddha hanya ada di negara Myanmar dan Thailand? Indonesia juga punya lo, tepatnya di kota Mojokerto! Eh, pada tahu kan apa itu Sleeping Buddha? Itu lo patung budha yang gede banget sedang berbaring dengan santainya. Ciri khas ketiga patung budha ini hampir seluruh tubuhnya berwarna keemasan.

Patung budha Indonesia berada di kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, tepatnya tersimpan di Maha Vihara Mojopahit. Maha Vihara ini adalah tempat beribadah umat Budha di Mojokerto. Letaknya tidak begitu jauh dari situs sejarah Kerajaan Majapahit yaitu Situs Trowulan. Berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit sangatlah mudah dan tak perlu bayar alias gratis. Anda hanya perlu meminta izin kepada petugas dan silakan berfoto ria dengan segala keunikan yang ada di vihara tersebut. Syaratnya hanya harus menjaga kebersihan dan ketenangan.

Ketika sudah sampai di Maha Vihara anda akan disuguhkan dengan sebuah keanggunan rumah peribadatan yang berarsitektur Jawa berbentuk joglo. Di ruang utama tampak ada 3 altar yang berfungsi sebagai tempat sembahyang umat Budha.

Yang menjadi pusat perhatian dari Vihara ini tentu saja patung budha raksasanya (Sleeping Buddha) yang berada di bagian belakang Vihara. Patung yang berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi sekitar 4,5 meter itu terlihat begitu megah. Dengan warna yang keemasan menambah keagungan dari patung tersebut. Sleeping Buddha yang ada di Mojokerto ini digadang-gadang sebagai patung budha terbesar ketiga setelah Thailand dan Myanmar. Dan pada tahun 2001 mendapatkan penghargaan rekor muri sebagai patung budha tidur terbesar di Indonesia.

Patung budha di mojokerto ini dibandingkan dengan patung sejenis lainnya di negara Myanmar dan Thailand memiliki ciri khas sendiri di bentuk muka dan kakinya. Saya cukup berbangga hati Indonesia memiliki patung budha sebagus itu, dan menurut saya dari ketiga sleeping buddha yang ada didunia patung yang di Mojokerto ini pun tak kalah bagusnya. Di bawah patung, memanjang di sepanjang dinding pondasi terdapat relief yang tampaknya menceritakan kehidupan dan ajaran sang Budha.

Nah, jika Anda ingin sekedar berfoto selfi dengan Sleeping Buddha tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri ya, cukup kunjungi kota Mojokerto yang menyimpan banyak wisata sejarah selain patung budha ini.

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon