Kamis, 27 Juli 2017

Kamu Harus Tahu! Inilah 5 Dampak Buruk Keseringan Main Facebook

Tags


Siapa yang tidak punya akun facebook? Setiap orang mulai remaja hingga dewasa pasti memiliki akun media sosial terpopuler ini. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan facebook  sangat membantu terhubung dengan teman-teman lama. Selain itu, media sosial ini juga bisa mendatangkan hiburan tersendiri untuk penggunanya.
Namun tahukah anda, bahwa keseringan bermain facebook itu memiliki dampak negatif? Tidak percaya, mari kita simak uraiannya


Bermain Facebook, Membuat Waktu Terbuang Percuma
Mensjournal melansir bahwa rata-rata pengguna facebook menghabiskan waktunya sekitar 17 menit dalam sehari hanya untuk melihat komentar atau foto yang diunggah oleh teman-teman pengguna media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut.
Waktu semakin bertambah dengan banyaknya komentar yang menghampiri dan keingintahuan anda pada status orang lain. Lalu anda pun harus menjawab komentar yang berdatangan pada time line anda. Maka total sehari anda berfacebook mencapai satu jam per hari. Bahkan mungkin akan menjadi lebih dari pada itu.
Coba bayangkan berapa sehari anda menghabiskan waktu dengan sia-sia hanya untuk melihat status dan komentar orang lain? Alangkah lebih baiknya jika waktu digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Buruk Untuk Kesehatan
Facebook memang menawarkan banyak hal yang menarik. Banyak informasi, pelajaran, inspirasi yang bersumber dari facebook. Namun tahukah anda? Facebook ternyata memiliki efek negatif lo buat tubuh anda.
Sebuah studi menunjukkan bahwa bermain facebook dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menghambat pelepasan hormon pertumbuhan, mengganggu pencernaan dan penglihatan, membatasi pemikiran dan membunuh kreativitas serta mempengaruhi pola tidur dan kebahagiaan.
Facebook juga terkadang membuat diri kita menjadi tidak tenang. Berbagai pendapat orang yang tidak sependapat dengan kita kerap membuat diri kita terbebani. Bahkan sudah menjadi hal biasa jika kemudian facebook menjadi ajang saling maki, saling debat, dengan mempertontonkan bahasa-bahasa yang tidak pantas.

Stalking Facebook Adalah Pemborosan
Anda sering stalking? Stalking adalah menjelajah akun orang lain demi untuk mendapatkan informasi yang kita cari. Dari sekian banyak akun pertemanan yang kita punyai, hanya sedikit yang kita kenal dengan dekat. Maka untuk menjawab keingintahuan kita, stalking menjadi pilihan.
Stalking ternyata dapat menjadi pemborosan kuota lo, bagaimana anda akan terus mencari tahu informasi orang lain, karena manusia memiliki sifat penasaran yang tinggi. Apalagi yang dicari cukup menarik minat kita untuk dipelajari lebih dalam. Maka dapat dipastikan kuota anda akan cepat habis.

Siapa Saja Dapat Dengan Mudah Meretas Data Pribadimu
Ketika kita pertama membuat akun facebook, maka pihak facebook akan minta data diri kita. Kita bisa saja mengelabuinya dengan memberikan data yang palsu. Namun kita akan kesulitan menemukan orang-orang yang kita kenal dan juga sebaliknya. Maka mau tidak mau kita harus membuat akun dengan data diri asli.
Namun permasalahannya adalah data kita dapat dengan mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingannya. Sehingga bukan tidak mungkin anda akan menemui masalah di kemudian hari.

Membuat Orang Cenderung Asosial
Kita dapat memperhatikan bagaimana orang-orang yang sedang asyik berfacebook. Mimiknya kadang sedih, tertawa, marah kepada ponselnya. Kita juga sering melihat bagaimana ponsel merenggut kehangatan sebuah keluarga. Ketika sedang makan bersama keluarga di restoran misalnya, coba perhatikan apakah ada yang tidak memegang ponsel? Ayah, ibu dan anak-anak semua memegang ponselnya masing-masing. Satu dari keluarga tersebut dapat dipastikan sedang bermain facebook minimal upload foto terbaru.
Nah, dengan dampak buruk tersebut apakah anda akan mengurangi bermain facebook?

*Dirangkum dari berbagai sumber 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon