Selasa, 26 Desember 2017

IZANAGI DAN IZANAMI (Asal Usul Lahirnya Negara Jepang)

Tags

pic from google

Ternyata bukan hanya Yunani yang memiliki Mitologi, tetapi Jepang juga punya lho. Salah satunya adalah cerita di bawah ini : Izanagi Izanami. 
Dalam Mitologi Jepang, nama Izanagi dan Izanami sangatlah tidak asing. Izanagi khususnya termasuk pada enam Dewa Pencipta. Sedangkan Izanami adalah saudara perempuan sekaligus istri Izanagi. Izanagi juga dikenal dengan julukan “Pria yang Mengajak” atau Izanagi-no-Okami.
            Diceritakan kalau Izanagi bersama Izanami istrinya mendapatkan mandat untuk menciptakan dunia. Mereka berdua saling membantu menciptakan kepulauan Jepang beserta masyarakatnya. Mereka melakukannya hanya dengan melemparkan tombak bulan sabit ke lautan. Mereka juga membangun berbagai kreasi di kepulauan tersebut, seperti: pembuatan laut, pegunungan, angin dan pepohonan. Maka muncullah kepulauan Jepang lengkap dengan segala isinya.
            Setelah membuat kepulauan Jepang beserta isinya, Izanami banyak melahirkan dewa-dewi. Namun nyawanya tak tertolong ketika terbakar karena melahirkan Kagutsuchi atau Dewa Api. Mayat Izanami dimakamkan di gunung Hiba. Karena Izanami mati, Izanagi murka, dia memenggal kepala anaknya sendiri Kagutsuchi dengan tombaknya. Dari darah Kagutsuchi lahirlah dua Dewa Api, Dewa Air dan Dewa Batu.
            Setelah lama memendam rindu pada istrinya, Izanagi tak tahan lagi ingin berjumpa dengannya. Maka dia pun bertualang ke Yomi-no-Kuni atau neraka dengan tujuan membawa kembali istrinya. Namun ternyata Izanami menolak dan memintanya menunggu. Tak sabar menunggu, Izanagi menyalakan obor dan betapa terkejut dirinya ketika melihat wujud Izanami yang sudah hampir busuk layaknya mayat. Dia pun kabur meninggalkan neraka dan istrinya. Izanami marah mengetahui Izanagi kabur, maka dia mengutus Dewa Peti dan Para Iblis untunk menangkapnya.
            Para ajudan Izanami berusaha menangkap Izanagi dengan cara mengunci dunia bawah atau neraka. Namun dapat dilewati Izanagi dengan sihirnya. Ketika sedang dikejar oleh iblis, Izanagi tiba-tiba mendapatkan tiga buah persik dan melemparkannya ke arah para iblis hingga terpencar. Ketika Izanami hampir menggapai Izanagi, Izanagi melemparkan sebuah batu raksasa ke arah pintu neraka hingga menutup pintu itu untuk selamanya. Izanami murka, dia bersumpah akan membunuh seribu rakyat Jepang setiap hari. Itulah sebabnya pada masa itu setiap hari akan lahir lima ratus anak Jepang dan akan mati sebanyak seribu orang.
            Setelah mengalami kejadian itu, Izanagi kembali ke alamnya. Dia pun melakukan ritual penyucian diri di alam dewa dan mulai mencuci wajahnya yang kotor. Ketika membasuh matanya, lahirlah Dewa Matahari atau Amaterasu. Dan ketika dia membasuh mata kanannya terlahirlah Dewa Bulan atau Tsuki-yomi. Dan yang paling akhir, lahirlah Susanoo atau Dewa Laut dan Petir dari hidungnya.

            Itulah asal-usul terbentuknya negara Jepang berdasarkan mitologi turun temurun yang telah diyakini oleh seluruh rakyat Jepang. Sekali lagi ini hanya dongeng yang tentu saja tak pernah nyata terjadi. Hanya orang-orang Jepang saja yang mempercayainya. 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon