Kamis, 05 Maret 2020

Ketika Naskah Kamu Tak Kunjung Diterbitkan, Jangan Baper! Begini Cara Menghadapinya






Selamat pagiii…

Pernah nggak sih teman-teman penulis kesel banget karena naksahnya tak kunjung menjadi buku?
Haduh, kok naskahku nggak diterbit-terbitkan! Padahal sudah nunggu lamaa… sampai jamuran wkwk…
Kok naskah dia lagi dia lagi yang diterbitkan, aku kapan dong? Gemes pengen nyokot pipi editor, ups!

Padahal angan-angan memegang buku karya sendiri sudah ada di depan mata. Terbayang-bayang terpajang nama sendiri di cover buku, aduhai indah sekali. Apalagi jika terjual dengan manis, bukan hanya lumayan terkenl tapi juga mendapatkan keuntungan materi (lumayan untuk membeli mobil… uhuk!).

Sayang, itu hanya angan-angan saja, naskah yang selama ini udah dinanti-nantikan bakalan cepat menjadi buku masih antri untuk proses selanjutnya. Padahal acc nya sudah dari tahun yang lalu. Huhuhu… siapa nih yang begini? Ahahaha bukan saya lo ya.

Teman-teman, tahu tidak kalau buku saya yang seri Materkids : Meneladani Sofat dan Karakter Rasulullah Saw itu prosesnya cukup lama? Iya pertama kali ajuin proposal naskah itu adalah bulan Januari tahun 2018 yang lalu. Sekitar satu bulanan naskah acc dan disuruh melengkapi. Saat itu naskah saya bentuknya berupa kumpulan kisah keteladanan nabi. Perlu sekitar dua tahun untuk terbit menjadi buku seperti sekarang.


Keren kan buku saya? Hehe


Ceritanya setelah lama tak ada kabar kelanjutannya, saya pun mempertanyakan naskah tersebut. Pihak penerbit memberikan nomor editor agar saya dapat berkomunikasi lewat whatshapp. Lewat Wa, saya disuruh merevisi dan menambahkan kekurangan naskah. Saya pun melakukannya dengan cepat dan antusias dong, berharap cepat naik cetak kan haha… apalagi ini terbilang naskah yang pertama kali di acc penerbit mayor.

Tetapi apa daya, hingga tahun 2019 yang lalu naskah saya itu belum ada kemajuan. Jalan di tempat dan editor pun tak bisa berbuat apa-apa. Saya pun mulai hopeless dan mencoba move on mengharapkan naskah di penerbit lain. Alhamdulillahnya, saya kan setiap akhir tahun banyak kirim naskah, ada beberapa yang juga acc di penerbit lain, Masya Allah. Iya, ini kebiasaan saya. Setiap akhir tahun orang lain mah pada mudik atau liburan, saya mah nguprek nulis naskah wkwk… semoga tahun ini mah bisa umroh atau liburan kali ya, kayak orang lain.

Tapi jangan salah, akhirnya berbuah manis lo. Sekitar akhir tahun 2019, Editor buku Masterkids ini menghubungi saya lagi dan menyatakan keinginannya akan naskah saya. Naskah saya yang semula kumpulan kisah keteladanan beliau mau ubah menjadi naskah pictbook berseri. Tidak tanggung-tanggung, ada sepuluh seri. Oh iya, dulu naskah saya ini sudah dibeli putus lo, tetapi ketika diubah menjadi pictbook, saya kembali dibayar per bukunya. Alhamdulillah, rezeki penulis.



Memang tak mudah mengubah kumpulan kisah menjadi pictbook, karena kan sudah berubah target pembacanya juga. Yang awalnya untuk anak SD, berubah menjadi untuk anak TK/Paud. Walau begitu, saya sangat antusias menyambutnya. Beberapa kali mengalami revisi dan masukan, editor memang harus benar-benar bertanggungjawab akan isi buku. Karena ini kan menyangkut kisah nabi yang semuanya bersumber dari hadits. Beli buku referensi, Konsultasi sama Ustad, nonton channel berbagai Ustad, dan lain-lain saya lakukan. Alhamduilillah akhirnya selesai dan naskahnya oke.  Setelah itu, untuk buku panduan orang tuanya pun direview oleh psikolog langsung. Benar-benar serius dan berusaha sebaik mungkin pokoknya.

Setelah selesai, karena waktunya mepet, agar bisa PO sebelum bulan Ramadhan, editor menghubungi beberapa illustrator untuk bekerjasama. Dan, kini buku serial Masterkids : Meneladani Sifat dan Karakter Rasulullah Saw sudah siap menemani hari-hari adik-adik di rumah. Sebuah perjalanan yang lumayan panjang dan berliku tetapi mencapai akhir yang manis. Alhamdulillah puas saya. Semua perjalanan itu tentu saja atas kehendak Allah Swt. Dan, tak ada satu hikmah pun yang tak dapat kita ambil dari kejadian apa pun. Proses panjang ini pada akhirnya membuat saya lebih santai lagi dalam proses menunggu buku terbit dan yang pasti terus menulis dan kirim.  






Ngomong-ngomong soal kok nggak terbit-terbit sih naskah saya? Saya akan menuliskan beberapa alasan penerbit kenapa lama menerbitkan naskah versi saya. Kenapa ya?

1.     Naskahnya banyak atau overload


Banyak penerbit mayor yang kedatangan naskah bertubi-tubi. Bayangkan saja semakin hari semkain banyak penulis baru bermunculan. Bisa jadi antrian naskah itu ribuan. Biasanya jika sudah banyak antrian naskah, jika ada tema yang menarik ya tetap saja akan diacc. Semacam tabungan naskah. Resikonya naskah lama terbitnya. Bahkan bisa bertahun-tahun. Ada satu naskah saya yang editornya bilang naskah saya acc, tapi kemungkinan dikerjakannya tahun depan. Begitulah, naskah kalian berada dalam antrian tersebut dan, taka da cara lain selain kalian harus bersabara menunggu. Menunggu memang bukan hal yang mudah, makanya alangkah lebih baiknya kalian lanjut menulis naskah yang lainnya saja, jangan menunggu terus ya. Siapa tahu ada rezeki di tempat lain.  
2.    Ada prioritas
Penerbit juga memiliki prioritas. Jika ada naskah yang memang perlu segera diterbitkan ya akan didahulukan ketimbang punya kamu. Itu sih sangat wajar, mengingat penerbit kan juga bisnis. Nah, jika naskahmu dianggap biasa-biasa saja alias tidak urgent, ya harus terima prosesnya lebih lama.
3.    Menunggu momentum
Adakalanya penerbit itu menunggu momentum yang tepat untuk menerbitkan sebuah buku, agar hasilnya maksimal tentunya. Momentum seperti menyambut bulan suci ramadhan, ya buku yang diprioritaskan yang berkaitan dengan Ramadhan dan momentum-momentum yang lainnya. Nah, jika naskahmu memang cocoknya untuk menyambut momentum tertentu, maka harus menunggu hingga waktunya tiba. Kalau tidak tahun ini berarti tahun depan.

Nah, begitu ya menurut saya kenapa naskah kalian tak kunjung terbit. Tetapi jangan berkecil hati apalagi baper, akan tiba saat yang indah seperti saya atau bahkan lebih mungkin jika kalian bersabar. Jangan lupa ada takdir Allah juga yang pastinya Maha Mengatur Semua Hal. Allah tahu mana yang terbaik untuk kalian. Insya Allah.


Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon