Senin, 27 Juli 2020

Tujuh Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Rumah Agar Anak Tetap Bahagia Selama Pandemi Corona


Kebahagiaan anak adalah nomor satu ya, Ayah Bunda. Anak bahagia, ayah Bunda pasti lebih bahagia. Begitu pun sebaliknya, anak bersedih pasti ayah dan bunda lebih sedih lagi. Dalam situasi seperti sekarang ini, di mana pandemi corona mengharuskan setiap orang termasuk anak untuk membatasi akses keluar rumah, demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Keadaan tersebut dapat menyebabkan rasa bosan dan anak bisa saja tak betah di rumah saja.

            Di rumah terus tentu bukan perkara mudah, karena anak terbiasa keluar untuk beraktivitas. Sama dengan orang tua, anak pun dapat mengalami depresi dengan aktivitas yang monoton. Apalagi ditambah dengan tugas sekolah yang tak sedikit, membuatnya makin lelah. Mind set anak yang terbiasa bahwa rumah adalah tempatnya istirahat dan bersenang-senang seketika diubah menjadi tempat sekolah dan berpikir keras. Situasi ini tentu saja bisa menyebabkan anak tidak bahagia. 

Baca juga :

            Tapi sebenarnya ayah Bunda ada lo kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak selama pandemi dan di rumah saja. Saya yakin ini akan membuat anak semangat lagi dan tidak bosan. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kreativitas, menambah wawasan dan skill anak. Apa saja sih kegiatannya? Yuk kita simak sebagai berikut :

1.      Bermain bersama

Bermain adalah kegiatan yang sangat disukai anak. Dengan bermain, anak dapat bebas mengekspresikan diri, mencoa hal baru dan tertawa lepas. Bermain bersama Ayah atau Bunda tentu saja akan sangat disukai anak. Apalagi jika tidak pernah dilakukan oleh ayah bunda, mumpung ada di rumah kan? Kapan lagi? Oleh karena itu, cobalah Ayah Bunda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak.

Permainan yang dilakukan bisa tradisional maupun modern. Tardisional seperti engklek, lompat tali, dakon dan lain-lain. Ini sangat bermanfaat bagi anak lo. Selain dapat mengenalkan permainan tradisional, juga dapat menyehatkan fisik anak terutama bagi permainan yang menggunakan kekuatan fisik.

Selain permainan tradisional, ayah bunda juga bisa kok sesekali mencoba main game di smartphone bareng anak, atau main PS bareng. Pasti seru deh, asal jangan lupa waktu ya, Ayah bunda hehe. Untuk permainan yang berbasis screen sebaiknya dibatasi waktunya.


2.      Olahraga

Olahraga memiliki fungsi selain meningkatkan stamina tubuh sehingga daya tubuh meningkat, juga dapat mengurangi stres. Stres bisa menghinggapi smeua kalangan termasuk juga anak-anak.

Beberapa olahraga menarik yang bisa dilakukan bersama anak adalah : Bersepeda bersama, sepakbola, tenis meja, badminton, lari hingga jalan kaki. Bahkan hanya jalan-jalan menelusuri sungai juga termasuk olahraga yang menyenangkan lo.


3.      Masak Bersama

Mungkin anak bunda termasuk anak yang hobi praktik. Dia akan jenuh jika tak melakukan apa-apa. Bisa jadi dia malah bongkar-bongkar mainan atau mencari kesibuakn lain yang kurang menguntungkan. Nah untuk menyalurkan hobinya, bunda bisa lo memiliki jadwal maska bersama bersama anak.

Carilah menu yang gampang namun anak suka atau doyan memakannya. Pengalaman memasak ini akan sangat berharga bagi anak, karena selama prosesnya anak jadi tahu banyak hal. Dan mungkin hingga besar nanti dia akan mengingatnya.



4.      Belajar Bersama

Belajar di rumah sendirian terus tiap hari, tentu saja sangat menjemukan. Anak butuh variasi juga layaknya orang tua. Nah agar anak memiliki semangat terus saat belajar, cobalah untuk belajar bersama. Ayah bekerja, Ibu belajar dan kakak juga sama. Jika punya adik juga diajak belajar yang sesuai umurnya. Bisa juga jika memiliki keponakan yang sekelas diajak gabung belajarnya, saya yakin anak akan suka.

5.      Piknik Tipis-Tipis

Di era new normal ini, pemerintah sebenarnya sudah mulai melonggarkan aturan-aturan bepergian jarak jauh, asal tetap patuh protokol Kesehatan. Tetapi banyak keluarga yang tetap pada keputusannya di rumah saja agar lebih aman. Nah menyiasati agar anak tidak bosan, ayah bunda bisa mengajak Ananda piknik tipis-tipis. Ayah bunda bisa cari tempat piknik yang tak terlalu ramai pengunjung dan tidak terlalu jauh dari rumah tentunya, agar bisa pulang pergi. Jangan memikirkan refreshing itu harus selalu ke tempat mewah dan megah, dengan hanya pergi ke kebun, sawah atau kali saja anak itu sudah senang banget.

Ayah Bunda juga bisa menyulap halaman yang luas atau halaman belakang atau bagian rooftop rumah yang belum dibangun menjadi tempat piknik atau camping. Bisa membawa tikar, lalu makanan dan memainkan alat musik.

6.      Video Call Sahabat

Ini sih sangat menyenangkan bagi anak. Cobalah sesekali beri kesempatan anak untuk video call bersama sahabatnya. Biarkan dia ngobrol sebebas-bebasnya. Saya sudah sering melakukannya, dan anak saya tampak sangat bahagia. Hal ini sangat bermanfaat bagi anak agar tidak merasa telah kehilangan sahabat baiknya. Dan lewat percakapan itu, anak akan tahu bahwa tidak hanya dirinya yang bosan tapi juga sahabatnya. Bukankah orang tua juga sangat senang kalau curhat? Hehehe

7.      Membuat Channel Youtube


Nah, untuk menambah pengalaman baru bagi anak, bisa juga membuat channel yutub sendiri atau keluarga nih, Ayah Bunda. Belakangan ini, hampir Sebagian besar anak sudah mengenal vlog. Banyak dari anak tersebut juga yang disupport orang tuanya menjadi youtuber cilik. Bahkan tak sedikit anak yang mulai berubah cita-cita ingin menjadi Youtuber hehe… Bukan hal yang tidak baik bukan jika anak memiliki keinginan tersebut?

Banyak ide kreatif yang bisa ditampilkan di channel yutub keluarga maupun pribadi. Informasi yang disampaikan pun bisa bermanfaat bagi orang lain. Ayah Bunda bisa membuat tutorial memasak, bermain, make up, murojaah, membaca buku (read aloud), berbagi info, bahkan video jalan-jalan atau video kocak bisa dijadikan konten. Dengan sedikit kreativitas, ayah dan bunda bisa seru-seruan dengan anak di channel yutub sendiri. Jika banyak subcribernya, yutub juga menjanjikan penghasilan yang sangat lumayan. Mantap bukan? Dari kegiatan ini anak akan belajar sisi positif dari penggunaan teknologi, bukan hanya main-main atau nonton-nonton doang.

            Nah itulah tujuh kegiatan yang bisa dilakukan di rumah bersama anak  selama pandemi masih berlangsung. Sangat mudah dilakukan mumpung masih di rumah saja ya, Ayah Bunda. Maksimalkan berdekatan dengan anak, apalagi jika biasanya bekerja seharian. Mengembangkan kegiatan atau hobi positif saat ini adalah pilihan yang tepat menurut saya. Yang pasti dengan tujuan agar anak tidak bosan dan tetap bahagia menjalani hari-harinya.

Tetaplah menjaga Kesehatan dan immunitas tubuh kita, karena virus covid-19 masih belum berakhir. Tetap lebih baik mencegah dari pada mengobati dengan patuh protokol kesehatan.

Salam sehat dan semangat dari kota Majapahit,

Yeti Nurmayati

 

 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon