Senin, 17 Agustus 2020

Menebar Kebaikan Lewat Komik

 

Siapa yang suka baca komik? Iya saya juga suka. Komik salah satu alternatif buku yang tidak membosankan menurut saya hehe… Mungkin karena disajikan dengan lebih banyak gambar dan selalu memiliki adegan humor yang bikin pembaca ngikik.

            Bukan hanya saya, ternyata anak saya pun pada suka baca komik ketimbang buku. Ya mungkin alasannya hampir sama dengan saya, komik lebih segar dan cenderung menghibur. Tapi bukan berarti komik tidak ada isinya lo, tentu saja sangat bisa menyampaikan pesan kebaikan di dalamnya. Bahkan lewat komik, menyampaikan kebaikan lebih bisa dimodifikasi sehingga tampak bukan merupakan nasihat. Sudah kita ketahui bersama, kadang ada anak yang ogah dinasihati, nah lewat komik mungkin bisa sedikit-sedikit dimasukkan nilai-nilai kebaikan untuk anak.

 Baca Juga :

KOMIK ITU APA SIH??

            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik adalah suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah, surat kabar atau dibuat berbentuk buku).

            Menurut Hurlock (1978), komik merupakan sebuah media yang dapat memberikan model yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, sarana untuk menyampaikan cerita, pesan dan bahkan sampai pada hal-hal yang berbau ilmiah sekali pun seperti halnya genre sastra anak yang lainnya.

            Menurut Sudjana dan Rifai (2011), komik dapat dipergunakan sebagai bahan ajar berupa komik. Karena dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

            Jadi dapat disimpulkan komik adalah salah satu media berupa ilustrasi gambar yang berfungsi untuk menyampaikan cerita atau pesan. Komik juga dapat dijadikan sebagai media dakwah lo. Banyak komikus yang membuat komik-komik strips dan berseliweran di media sosial. Cara penyampaiannya lucu, tapi isinya ajakan kebaikan.

 

MACAM-MACAM KOMIK

            Ada banyak macam komik, mulai dari yang ngocol banget sampai komik serius. Ada yang menggunakan bahasa gaul, ada pula yang harus sesuai KBBI/baku, tergantung tujuan pembuatan komik.

            Macam-macam komik berdasarkan isinya adalah :

1.      Komik Edukasi

Komik Edukasi adalah komik yag berisi pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk cerita beralur. Di dalamnya ada selipan pengetahuannya. Atau bisa juga di akhir cerita ada penjelasan tentan pengetahuan tersebut.

Contohnya : Komik Why

2.      Komik Promosi

Komik yang mempromosikan sebuah produk atau layanan. Isinya berupa kelebihan produk atau layanan tersebut hingga ajakan masyarakat untuk mengikuti atau memakai produk/layanan tersebut.

Contohnya : Komik partai, dsb

3.      Komik Non Fiksi

Komik ini ada banyak macamnya, ada berbentuk biografi tokoh tertentu, ensiklopedia, kisah nabi dan lain-lain. Jadi cerita dalam komik non fiksi ini harus fakta bukan karangan penulis/fiksi.

Contoh : Komik Muhammad Al-Fatih, dll

4.      Komik Hiburan

Banyak macam komik hiburan, ada yang berbentuk komik wayang, komik silat, komik cerita detektif berseri, dan lain-lain. Walau bentuknya menghibur, namun biasanya tetap ada pesan moralnya.

Contoh : Komik Detektif Conan, dll

5.      Komik Islami

Komik yang berisi cerita islami. Biasanya bentuknya fiksi, non-fiksi atau campuran keduanya. Di dalam komik tersebut ada banyak pengetahuan islamnya.

Contoh : Komik Asmaul Husna.

 

KOMIK DAN REMAJA

            Banyak lo di antara remaja zaman now yang menyukai bacaan satu ini. Banyak juga yang terinspirasi untuk membuatnya sendiri. Komik memang asyik dibaca maupun dibuat oleh segala usia. Dan karena hal tersebut, banyak penerbit yang bahkan khusus menerbitkan komik. Ada komik untuk anak-anak, komik untuk remaja bahkan untuk dewasa. Orang tua pun bisa lo menyisipkan harapan dan nasihat untuk putra atau putrinya lewat komik.

Kelebihan Komik :

1.      Di sukai semua kalangan

2.      Menghibur

3.      Dapat menyelipkan pesan kebaikan dengan tanpa terlihat menasehati.

4.      Cocok untuk anak tipe visual.

APA SEMUA ORANG BISA MEMBUAT KOMIK?

Tentu saja semua orang bisa membuat komik, bisa menggambar atau pun tidak. Tahu tidak, Stan Lee pencipta tokoh fiksi superhero The Avenggers (Ironman, thor, hulk, spiderman, Capten Amerika dll) adalah pembuat komik tapi tidak bisa menggambar. Jadi karena beliau sibuk, dia hanya membuat sinopsis ceritanya saja. Yang menjabarkan ke dalam bentuk komik adalah orang lain/komikus. Nah ketika komiknya sudah digambarin ke dalam panel-panel, barulah Stan Lee, memberinya kata-kata atau kalimat. Nah kan, berarti orang tidak memiliki kemampuan gambar pun bisa membuat komik.

Bagaimana caranya?

Gampang, asal Anda bisa membuat cerita saja sudah bisa sebagai modal dasar menulis komik. Setelah itu, Anda harus tahu cara membuat script komik agar komikus atau illustrator bisa menggambarkannya dengan mudah. Bahkan di penerbit mayor, para penulis memang hanya bertugas membuat script saja. Yang menggambarnya adalah illustrator atau komikus. Kecuali penulis yang memang bisa menggambar, berarti semuanya dia kerjakan sendiri.

 

KELAS MEMBUAT KOMIK ISLAMI PERSEMBAHAN AKSANA PUBLISHER DAN AMAZING COMMUNITY

Aksana Publisher adalah penerbit indie baru dengan pemilik saya sendiri, Yeti Nurmayati. Alhamdulillah, saya akhirnya mendirikan penerbitan sendiri setelah sering sebel dengan drama penerbit mayor haha (ini mah curcol ya, jangan dianggap serius). Dengan dukungan suami tercinta, Aksana Publisher secara resmi sudah bisa menerima naskah bentuk apa pun (cerita anak, fabel, kumpulan puisi, novel, non fiksi, pengayaan, pelajaran dan lain-lain). Semua buku ber-ISBN (legal dan berstandar nasional). Untuk info tentang penerbitan di Aksana Publisher hubungi wa : 08113032340 (Ibu Yeti Nurmayati)

Nah, saat ini Aksana Publisher sedang ada event MEMBUAT KOMIK ISLAMI bersama Teh Lina Herlina (penulis buku anak dan komik) dan saya sendiri. Jadi nanti setiap peserta akan belajar bagaimana cara mengolah ide menjadi cerita komik, menciptakan tokoh yang lucu, membuat script komik, outline komik untuk penerbit mayor. Setelah itu, setiap peserta akan praktik dan direview scriptnya oleh saya.

 

Setelah praktik, saya akan mendampingi pembuatan antologi komik (kompilasi cerita komik) untuk diterbitkan di Aksana Publisher. Setelah peserta mengirimkan semua scriptnya, saya pun akan mengirim scriptnya ke komikus atau Ilustrator Aksana Publihser. Setelah dicetak, semua peserta mendapatkan gratis 1 buku terbit. Oh iya, jika peserta ada yang bisa langsung menggambar ceritanya, boleh menggambarkan ceritanya sendiri.

Apakah berbayar? Betul sekali berbayar, karena saya pun membutuhkan dana untuk menggambarkan script komik peserta dan membayar mentor juga proses cetak hehe. Peserta boleh anak-anak (minimal usia 10 tahun), ibu-ibu, kakak-kakak, bapak-bapak, semua bisa deh hehe. Bayarnya 120.000 rupiah dengan benefit : mendapat buku terbit gratis 1, mendapat e-sertifikat, menjadi member Amazing Community bentukan saya.

Keuntungan ikut Amazing Community adalah : Bisa mendapatkan harga khusus saat ada kelas berbayar, mendapat materi sharing ilmu penulis, berkesempatan menjadi PJ antologi (PJ Eksklusif Aksana Publiher).  Mari menebar kebaikan lewat komik islami untuk anak-anak kita tercinta.

Oh iya, Aksana Publihser dan Amazig Community juga sedang mengadakan event PARADE NULIS HUT KMERDDEKAAN RI (GRATIS). Ada nulis dongeng, cerita anak, fabel, kisah inspiratif. Bisa hubungi wa saya 08113032340, untuk info lengkapnya. Semuanya dalam rangka memperingati HUT RI dan lahirnya Aksana Publisher. 

 

 
 
Silakan hubungi nomor PJ di flyer masing-masing. GRATIS dan dibukukan
 Pendaftaran silakan hubungi nomor PJ di flyer masing-masing. Gratis dan dibukukan!

Kedepannya Aksana Publiher juga akan banyak mengadakan kelas berbayar murah meriah tapi isinya daging dengan mentor yang keren-keren. Nantikan ya! Aksana juga menerima naskah dengan harga penerbitan murah meriah (harga promo) untuk naskah novel dan non-fiksi dewasa. Mari terbitkan karya Anda di Aksana Publisher.

Mohon doanya ya untuk kami, agar bermanfaat untuk bangsa ini. Juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan literasi baca tulis di negeri tercinta Indonesia, aamiin.

 

 

           

 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon