Selasa, 03 November 2020

Mengenal Digital Publishing System (DPS) dan Keuntungannya Bagi Penulis

 

Desain by canva

Alhamdulillah, kemarin satu naskah saya diterima/acc oleh Editor salah satu penerbit mayor di bawah payung Kompas Gramedia. Naskah ini saya kirim lewat Digital Publishing System (DPS). Tentu ini kabar yang luar biasa bagi saya, karena saat pandemi ini tak semua penerbit membuka diri untuk tetap menerima naskah. Walau begitu, perjalanan masih panjang. Proses selanjutnya insya Allah tahap ilustrasi dan biasanya cukup lama (maksimal 3 bulan bahkan lebih). Lalu lay out dan antri cetak. Kemungkinan akan terbit di tahun depan, mohon doanya agar lancar ya.

            Ketika saya mengabarkan rasa bahagia saya di media sosial, masih banyak teman yang ternyata belum paham apa itu DPS? Padahal system ini sudah beberapa bulan yang lalu dilaunching Penerbit Gramedia Grup. Pada postingan kali ini, saya akan memberi penjelasan soal DPS, agar teman-teman memahami lalu mengirimkan naskahnya ke sana. 

Baca juga : 

Mengenal Read Aloud dan Manfaatnya Bagi Anak 

Lima hal  yang Wajib Diperhatikan Saat Menulis Cerita Anak

Tiga Cara Asyik Bekerjasama dengan Ilustrator

APA ITU DPS?

            DPS adalah sebuah sistem digital yang dibuat oleh Kompas Gramedia untuk memudahkan para penulis mengirimkan naskahnya. Alasan pembuatan DPS ini menurut salah satu editor Gramedia grup adalah untuk mengurangi penumpukan naskah di salah satu penerbit yang tergabung dalam Gramedia grup. Karena lewat DPS, memungkinkan penulis memilih lebih dari satu penerbit (maksimal tiga penerbit). Jadi, ketika di satu penerbit ditolak, naskah akan dilimpahkan ke penerbit pilihan kedua. Jika di penerbit pilihan kedua juga ditolak, akan dilimpahkan ke penerbit pilihan ketiga.

BAGAIMANA CARA MENGIRIMKAN NASKAH KE DPS?

            Sebelum mengirimkan naskah ke DPS,  Anda harus membuat naskah dulu. Kalau tidak, mau kirim apa? Hehe…Buat naskah serapi mungkin, boleh naskah anak, aktivitas, novel, nonfiksi, dan lain-lain. Lalu sebelum kirim self editing dulu biar Editor suka tulisanmu. Yang tidak kalah pentingnya tentukan mau kirim ke penerbit mana? Semakin tepat anda memilih penerbit semakin besar kemungkinan acc.

            Tahapan menginput naskah ke DPS :

1.      Mendaftarkan diri dulu di https://dps.gramedia.com/# lalu klik Register

Register DPS

2.      Isilah sesuai dengan data diri kamu.

3.      Setelah register berhasil aka nada email aktivasi, klik saja link itu. Boleh dilengkapi profilnya (boleh pakai foto)

4.      Jangan lupa email dan password yang tadi kamu daftarkan. Karena setiap login pakai email dan password itu.

5.      Nah kalau sudah jadi member, kamu tinggal login dan tuliskan captca nya, lalu klik login.

Login

6.      Ketika akan mengirimkan naskah, aka nada pilihan penerbit seperti Digambar di bawah ini. Pilihan penerbitnya ada 6, yaitu : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Bhuana Ilmu Populer, Grasindo, M&C dan KPG


7.      Pilih penerbit sesuai dengan incaran kamu. Lalu tentukan bidangnya (anak, aktivitas, novel, non fiksi dsb). 


8.      Klik tanda +tambah untuk menambah penerbit kedua, dan ketiga. Caranya sama. Setelah selesai milih penerbit, klik Lanjutkan

9.      Akan masuk ke halaman kedua : Kelengkapan naskah dan judul. Di halaman ini, kamu harus menuliskan judul dan sinopsis naskah kamu. 

 

10.  Selanjutnya tinggal upload naskahnya. INGAT! Naskah harus dalam file pdf. Lalu lanjutkan.

11.  Selanjutnya masuk halaman ketiga, yaitu mengisi kelebihan naskah, sasaran pembaca dll

12.  Jika sudah selesai, kamu akan masuk halaman keempat yang memberitahukan kalau naskah kamu sudah berhasil terupload. Otomatis ke email pun ada pemberitahuan. Selamat! Naskah kamu sudah masuk ke DPS!

BAGAIMANA MENJAWAB KOMENTAR EDITOR?

           Setelah naskah diupload, editor akan mulai memonitor dan mereview naskah anda. Mungkin aka nada pemberitahuan bahwa naskah akan dieditori oleh beberapa editor (bukan hanya 1). Jika ada catatan, mereka akan memberitahu lewat chat komentar di sebelah kanan naskah kamu. Kamu tinggal jawab dengan mengetik di kolom itu juga. 

 

BAGAIMANA JIKA EDITOR MINTA MEREVISI?

           Kamu tinggal merevisi sesuai dengna masukan Editor. Oh iya, sebelumnya tanyakan di kolom komentar, apakah direvisi sekalian setelah menunggu empat editor memberikan masukan semua? Atau langsung revisi setelah mendapatkan masukan dari satu editor? Jika langsung, maka kamu harus segera revisi dan upload kembali saat naskah dalam status “NASKAH REVIEW KE_1” (warnanya biru) lalu klik SIMPAN di sebelah kanan atas (warna merah). Untuk mengecek apakah revisi sudah terupload, buka LOG NASKAH, di sana akan keterangan “naskah direvisi oleh Penulis”.


KEUNTUNGAN DPS BAGI PENULIS

1.      Dengan adanya DPS, Penulis dapat lebih mudah memantau status naskahnya. Penulis juga akan cepat tahu saat naskah ditolak (lebih cepat).

2.      Penulis dapat memilih maksimal 3 penerbit pilihan, sehingga kemungkinan acc-nya besar

3.      Naskah yang tidak acc pun, akan ditawari untuk diterbitkan menjadi ebook jika penulis berkenan. (pilihan terakhir).

Nah, itu adalah penjelasan sederhana saya untuk DPS. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi para penulis yang hendak mengirimkan naskah ke enam penerbit yang tergabung dalam Kompas Gramedia. Jangan lupa persiapkan sinopsis, kelebihan naskah dan filenya harus dalam bentuk file pdf ya. Terima kasih telah membaca dan semoga beruntung, aamiin.

 

 

 

 

    

 

 

           

 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon