Sabtu, 12 Juni 2021

Euforia Gerakan Literasi Nasional (GLN) 2021 : Kembali ke Konsep GLN 2019

 


Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang setiap tahun diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2021 pun sudah muncul sayembaranya. Berbeda dengan tahun lalu (2020) yang lebih menyasar anak SD kelas atas (4-6), tahun ini kembali ke  konsep atau kebutuhan seperti tahun 2019 lalu. Dimana, target pembacanya adalah anak Paud dan SD kelas bawah (1-3). Bedanya, tahun ini SD dibagi dua, karena mungkin mengacu pada penjenjangan buku anak yang kembali mengalami perubahan.

Syarat GLN ini pun agak berbeda dari tahun 2019 lalu. Jika tahun 2019 lalu mensyaratkan adanya buku sebanyak 5 eksemplar sebagai portofolio penulis, tahun ini tidak. Tahun ini lebih ke mengirimkan cerita dalam format yang sudah disediakan, yaitu dalam bentuk papan cerita (storyboard). Dan harus ada satu halaman contoh ilustrasi dari naskah tersebut. Tahun 2019 hanya mengirimkan sinopsis/ konsep dengan contoh ilustrasi 1 halaman (contohnya ini tidak harus berdasarkan naskah). Itu bedanya ya. lainnya hampir sama, hanya saja alhamdulillah tahun ini lebih mudah, karena dikirim lewat email saja. Tahun 2019 harus mengirimkan dalam bentuk cetak juga plus buku sebagai portofolio.

Sama seperti tahun 2019, tahun ini pun saya tetap menggandeng Ilustrator karena tak bisa menggambar/mengilustrasi buku. Saat musim sayembara seperti ini memang ilustrator buku anak sangat diperlukan. Bahkan banyak yang mendapatkan pesanan hingga akhirnya menutup/menolak pesanan lainnya. Makanya diperlukan kesigapan dan ketepatan dalam memilih ilustrator yang cocok buat naskah kita. Tahun ini memang antusiasme penulis baik yang senior maupun yang baru mencoba lebih besar ketimbang tahun 2019. Bahkan tahun ini ada webinarnya, diadakan oleh sebuah komunitas online dengan menggandeng narasumber salah satu pakar yang memang sangat paham perbukuan serta GLN. Semua sangat semangat, dan saya yakin pendaftar tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan. 

 

TEMA DAN FOKUS KARAKTER 

Bicara tema, tahun ini jauh lebih sederhana ketimbang tahun 2019. Ada tema yang sama dan ada pula yang baru. Bagi saya tema yang sekarang jauh lebih bisa dipahami dan lebih cocok untuk tema buku anak-anak.

Tema yang disediakan oleh panitia sayembara meliputi : 

1. Keluarga dan Sahabat

2. Satwa dan Tumbuhan

3. Hobi/Kegemaran

4. Kesehatan

5. Kearifan lokal/Tradisi

Selain tema, yang disyaratkan panitia adalah fokus karakter. Hal ini mengacu pada pendidikan karakter yang sedang benar-benar dicanangkan pemerintah. Ada dua puluh lebih fokus karakter yang bisa diambil oleh penulis, yaitu:religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, bertanggungjawab, berpikir kritis dan percaya diri. 

Dari sekian banyak fokus karakter, penulis bisa mengambil maksimal 3 fokus karakter per cerita. Penulis juga boleh mengirimkan lebih dari satu karyanya dan akan dipilih satu per level pembaca sesuai dengan keputusan juri. Oh iya, tahun ini GLN hanya akan menerima 75 naskah cerita anak untuk kategori Prabaca 2 (TK/Paud), Membaca Dini dan Membaca Awal. 

 

HADIAH 

Sama dengan tahun 2019, hadiah tahun ini juga masih sama, yaitu 12.000.000/judul buku (dipotong pajak). Dan bagi yang kerjasama bareng Ilustrator juga akan membagi rezekinya itu nanti setelah cair pastinya. 

Kok murah? 

Ya, hitung-hitung bakti untuk bangsa, kenapa tidak? begitu kata seorang senior di bidang perbukuan. Lagian bisa dijadikan tambahan portofolio nantinya. Bangga kan karyanya nampang di website Kemendikbud. hehehe 


FORMAT JURI BARU DAN PENGUMUMAN PEMENANG.  

Tiba saatnya yang ditentukan untuk pengumuman, lalu diundur seperti biasanya. Saya agak lumayan surprise menerima bocoran soal juri tahun ini. Bukan kaget gimana-gimana, hanya tak menyangka ternyata beda dari yang dulu. hehehe

Saya cukup tahu setidaknya empat dari juri yang dibocorkan itu. Dan, saya tahu mereka adalah orang-orang hebat di bidangnya. 

Dengan wajah-wajah baru yang penuh semangat, saya pikir tahun ini akan menghasilkan buku-buku karya penulis dan ilustrator Indonesia lebih bagus dari tahun 2019. Semoga ya, kita doakan. 

Akhirnya, tiba waktu melihat pengumuman kelulusan, dan alhamdulillah saya tidak termasuk yang lolos untuk hadir ke Jakarta. Dilihat berkali-kali pun, sama hasilnya, nggak ada nama saya (hahaha). Iyalah memang tidak lolos. 

Benar dugaan saya, ternyata memang jumlah pendaftar tahun ini sangat banyak. Meningkat jauh dari tahun 2019. Tahun ini ada sekitar 1421 naskah yang masuk. Wow bukan? Begitu kata teman-teman yang lolos dan sudah buat grup pastinya dengan panitia.

Oh iya, tahun ini meski masih pandemi, sepertinya akan dilaksanakan gathering offlinea atau pertemuan penulis seperti tahun 2019. Beda dengan GLN tahun 2020 yang daring pembekalannya. 

Karena saya tidak lolos artinya saya tidak ada pengalaman untuk melanjutkan cerita dalam acara pertemuan penulis GLN 2021 seperti tahun 2019 lalu. Maka tulisan ini pun seperti hanya cukup sampai di sini. Saya sedikit kecewa pastinya, karena merasa sudah melakukan semua dengan maksimal. Saya pikir sangat wajar ya. Tapi, saya yakin semua ada yang Maha Mengatur. Dan, ini adalah terbaik bagi saya. Agar saya selalu mau belajar lebih baik lagi ke depannya. 

Buat teman-teman yang terpilih/lolos ke Jakarta, selamat sekali lagi. Saya ikut senang, karena semua yang lolos, sebagian besar adalah teman saya juga. Semoga lancar acaranya dan mendapat perlindungan Tuhan, aamiin. Semangat berkarya yang terbaik untuk anak Indonesia.



 




 

 

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon