Kamis, 20 April 2017

Uniknya Bersin Berdasarkan Kepercayaan Dari Berbagai Negara Di Dunia

Tags

            Siapa yang tak pernah bersin di dunia ini? semua manusia pasti pernah bersin. Bersin adalah suatu reaksi spontan dari mulut dan hidung karena adanya benda asing yang tak biasanya. Bersin biasanya sering dikaitkan dengan kemungkinan akan terserang penyakit pilek dan batuk, namun tidak selamanya begitu karena bersin juga dapat diakibatkan karena alergi debu, asap, dan lain-lain.

Baca juga : Benarakah R.A Kartini dipoligami?

            Namun berdasarkan kepercayaan masyarakat ternyata bersin itu bukan hanya sekedar reaksi tubuh saja, tetapi sangat unik. Kenapa unik? Karena ada mitos atau kepercayaan dari berbagai negara yang meyakininya berbeda-berbeda. Ada yang menyebut bersin itu sehat, adapula yang menyebut bersin adalah suatu petunjuk dewa bahkan ada yang menyebut ketika bersin jantung berhenti, jiwa manusia diambil oleh roh  jahat dan lain-lain. Di sini penulis akan menuturkan arti bersin berdasarkan kepercayaan dari suatu negara, yang bisa jadi sudah tidak diyakini atau bahkan masih diyakini hingga sekarang.
1.      Bersin Menurut Masyarakat Athena
Pada sekitar tahun 400 SM, seorang jendral Athena yang bernama Xenofon melakukan pidato dramatis yang menghimbau seluruh anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia. Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi  pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena. Tiba-tiba seseorang tentaranya bersin menyambut pidato sang jendral. Karena yakin bahwa bersin ini adalah pertanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti semua perintahnya.
2.      Bersin Menurut Masyarakat Jepang
Dalam masyarakat Jepang ada kepercayaan bahwa bersin adalah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang di tempat jauh yang membicarakannya atau menjelek-jelekannya di belakang.


3.      Bersin Menurut Masyarakat Hongaria, Slowakia dan Slovenia
Di negara Hongaria, Slowakia, Slovenia dan beberapa Negara Timur Tengah meyakini bahwa bersin jika terjadi setelah orang melakukan pernyataan, kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari tuhan bahwa pernyataanya itu benar.
4.      Bersin Menurut Masyarakat India
Ada sebuah kepercayaan dalam masyarakat India bahwa orang yang bersin itu sedang kangen atau dikangeni oleh orang yang disayanginya. Pada umumnya masyarakat India menganggap bersin adalah sesuatu yang sehat. Ketika seseorang tidak bisa bersin, itu sesuatu yang patut dikhawatirkan. Para ilmuwan India menyebutkan ketidakmampuan untuk bersin  sebagai “asneezia”. Sudah sejak lama orang India mempunyai kebiasaan menghirup tembakau sebagai cara untuk menimbulkan bersin.  
Itulah Arti bersin berdasarkan kepercayaan dari berbagai negara di dunia. Ternyata bersin itu mempunyai arti yang berbeda-beda di setiap negara. Bagaimana dengan arti bersin menurut masyarakat Indonesia?
Sumber : Wikipedia

            

Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon