Kamis, 27 Juli 2017

5 Kuliner Tasikmalaya yang Paling Dikangeni oleh Perantau

Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

Pernahkah kamu singgah atau berkunjung ke Tasikmalaya? Apa kuliner favoritmu di sana kawan? Tasikmalaya yang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat adalah kota yang menyimpan banyak kuliner enak, yang sayang jika kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana. Kota yang terkenal dengan julukan kota santri ini juga sangat terkenal dengan berbagai kerajinannya, seperti : bordir, sepatu, payung tradisional dan lain-lain.

Apa saja sih kuliner Tasikmalaya yang selalu bikin perantau kangen dan merasa tidak afdol kalau tidak mencicipinya? 

1.      Nasi TO
Pertama dan paling hits di Tasiklamaya adalah Nasi TO (Tutug Oncom). Kuliner ini merupakan makanan khas dari Kota Tasikmalaya. Nasi yang dicampur dengan oncom kering yang sudah dimasak terlebih dahulu dengan bumbu khas sunda seperti kencur, bawang putih dan lain-lain ini sangat digemari oleh semua kalangan. Di samping harganya yang murah meriah, juga karena rasanya yang tak ada duanya. Biasanya nasi TO ini dimakan dengan sambel goang dan mendoan panas. Ada juga yang menyajikannya dengan ikan peda dan pencok kacang, wiiih raos pisan euy!
Tempat yang paling legendaris sebagai pioneer pembuat nasi TO adalah nasi TO Benhil yang letaknya di sebelah gerbang masuk PGSD UPI Dadaha. Sayangnya tempatnya sempit dan selalu penuh. Jika ingin yang lebih luas dan bisa duduk lesehan, bisa datang ke TO Mr. Rahmat jalan BKR. Untuk harga tak perlu risau kawan, sangat murah. Untuk TO Benhil bisa dinikmati dengan harga mulai 5000 saja, sedangkan To Mr. Rahmat mulai 10.000 saja. 

2.      Mie Baso
Bicara makanan yang satu ini menurut saya tasikmalaya memiliki segudang jenis bakso. Dari mulai yang asli khas tasikmalaya hingga yang pendatang dari luar kota hits di sana. Nah, buat yang ingin coba bakso Khas Tasikmalaya bisa datang ke Mie Baso Laksana Jalan Pemuda, belakang kantor DPRD kota Tasikmalaya. Mie baso ini sangat nikmat dengan berbagai varian yang tersedia, hingga dijuluki baso paling enak di tasikmalaya. Varian yang disuguhkan antara lain : mie baso yamin (manis, asin, manis babat, asin babat dan lain-lain), mie baso kuah (kuah pangsit baso, kuah babat, kuah babat baso dan lain-lain).

3.      Karedok
Nah kalau makanan yang dibuat dari sayuran mentah ini bisa ditemukan di warung-warung kecil yang menyediakan karedok. Karedok terbuat dari sayuran mentah seperti kubis, timun, taoge, kacang panjang, kemudian diguyur dengan bumbu kacang tanah. Terakhir diberi toping kerupuk. Selain sehat makanan ini juga sangat lezat dan kental karena biasanya bumbu kacangnya dikasih campuran ubi atau kentang rebus. 

4.      Bubur Ayam
Bubur ayam yang paling legendaris di Tasikmalaya adalah bubur ayam H. Zainal yang terletak di Jalan Kalektoran. Bubur ayam ini memang sangat enak, gurih, lembut dan yang pasti topingnya banyak banget. Perpaduan suwiran ayam, cakue, telur, ati ampela, kacang dan kerupuk yang cocok dengan rempah-rempah yang khas dari buburnya benar-benar nikmat. Kamu bisa mendapatkan seporsinya dengan harga 15 ribu-20 ribu.

5.      Sorabi
Kue sorabi yang menjadi khas Tasikmalaya adalah sorabi toping oncom yang dimakan dengan rempeyek. Jajanan ini akan tersaji di pagi hari dari mulai jam 5 di beberapa tempat di tasikmalaya. Jajanan ini sangat bisa dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi kamu. Harganya pun sangat murah di mulai dari harga 1000 rupiah saja.

Nah kawan, jika ke Tasikmalaya cobalah kuliner enak di atas. Pastinya kuliner ini selalu dikangeni oleh perantau seperti saya.




Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon