Sabtu, 04 November 2017

Mengenal Sosok Hanny Dewanti, Penulis Baru Sekaligus Writerpreneur yang Multi Talenta

Tags

Pic By: Facebook Hanny Dewanti

Berbicara tentang salah seorang mentor saya ini, tak akan lepas dari sosoknya yang hangat, baik dan penuh semangat. Hanny Dewanti adalah sosok yang sangat menginspirasi banyak orang. Tidak hanya dalam hal kepenulisan, tapi juga dalam kehidupan sehari-harinya. Perempuan cantik yang lahir di Surabaya pada bulan Oktober 1986 ini adalah salah seorang penulis baru yang penuh talenta.

Hanny Dewanti atau Honey Dee yang kini tinggal di Samarinda, mengawali karir kepenulisannya pada tahun 2016. Meskipun masih terbilang baru di dunia literasi, namun Hanny membuktikannya dengan berhasil menulis banyak karya baik itu fiksi maupun nonfiksi. Berbagai artikel telah ia buat, dan dalam segala hal ia selalu maksimal. Membuat artikel sehari 20 artikel itu mudah sekali buatnya, dan saya sangat mengagumi itu. Perempuan berkulit putih ini tak hanya penulis namun juga seorang writerpreneur atau pengusaha di bidang tulis menulis.

Baca juga : Membuat Postingan "Menikah Itu Tak Enak" Perempuan ini mendadak terkenal

Yang paling berkesan dari sosoknya adalah semangat belajar yang pantang meyerah. Hanny yang akrab dipanggil "Mak Oney" ini selalu menularkan semangat kapada siapapun. Dan sebagai salah satu muridnya, saya merasakan ketulusan hatinya ketika mengajar. Mak Oney tak pernah berhenti "menghajar" anak asuhnya dengan berbagai cara supaya mereka menjadi lebih baik dan sukses dalam dunia kepenulisan. Ia tak pernah melenakan anak-anak bimbingannya, meskipun terkadang terasa sangat pedas kritikannya. Namun itulah dirinya, seorang yang ingin menghantarkan seluruh penulis yang berada di bawah bimbingannya ke gerbang kesuksesan.

Sebutan Penulis Norak sempat nempel pada dirinya dan menuai pro kontra di antara teman-teman maupun yang mengenalnya. Tetapi menurut mak Oney, norak yang ia maksud bukanlah norak yang negatif, melainkan karena dirinya seorang yang selalu ingin tahu, selalu rame, ingin mencoba hal yang baru, bebas dan selalu ingin membagi ilmunya dengan siapapun.

Hanny Dewanti Sebagai Penulis

Mak Oney telah membuat berbagai artikel yang hampir seluruhnya mendapatkan respon yang positif. Banyak di antara artikelnya telah dibaca ribuan kali. Bukan saja artikel, postingan akun facebooknya juga baru-baru ini tengah viral. Ribuan orang membagikan postingannya hingga ia menjadi buah bibir di berbagai media online.

Ibu dari seorang anak bernama Farel ini,  juga dikenal sebagai ghost writer yang handal. Hasil karya tulisannya di genre fiksi dapat dinikmati di akun wattpadnya @HoneyDee1710. Novel pertamanya yang berjudul Twisted Serenade yang ditulis bersama sahabatnya, Sulis Tyowati adalah novel yang sangat enak untuk dibaca, ngalir dan kaya diksi. Novel ini cukup laris dan diminati, dan kini tengah memasuki cetakan ke dua.

Perempuan yang sangat cerdas dan berwawasan luas ini, telah memiliki prestasi dalam bidang kepenulisan, yaitu:

1. Finalis GWP 3 tahun 2017
2. Penulis Whattpadlit Award 2017.

Kini, calon novel Hanny Dewanti selanjutnya tengah dalam masa revisi di salah satu editor penerbit mayor.

Baca juga: Satu Pria Untuk Dua Cinta

Hanny Dewanti Sebagai Writerpreneur

Mak Oney tidak hanya bergelut sebagai penulis saja, ia bersama sahabatnya mendirikan sebuah agency yang bergerak dalam dunia kepenulisann juga, diberinama Cloverline Creative. Jasa yang ditawarkan yaitu penerbitan dan trainning online.

Adapun training yang ada di Cloverline Creative adalah training kelas fiksi, training puisi, training blog hingga Training Novel. Uniknya, setelah trainning peserta tidak dilepas begitu saja, namun terus digembleng hingga menjadi penulis yang mumpuni. Cloverline Creative kini telah banyak menelurkan buku antologi karya seluruh penulis yang tergabung dalam alumni trainning fiksi, yaitu Cloverline Author.

Menurut Mak Oney, kesuksesannya tak pernah lepas dari izin dan doa suami serta doa orang tua. Sebelum berada di posisinya sekarang, Mak Oney juga sama memulai semuanya dari bawah. Dengan segala ketekunannya serta kegigihan yang tak pernah padam, perlahan namanya semakin berkibar di dunia kepenulisan.

Pesan yang selalu terngiang ditelinga saya sebagai muridnya adalah, "Bermimpilah! Tapi jangan harap mimpimu akan menjadi nyata jika kau tak pernah bangkit dari tidurmu!"

Meskipun kenal lewat dunia maya saja, tetapi buat saya Mak Oney sangat menginspirasi. Dia seorang yang multi talenta. Bisa nulis artikel, nulis fiksi, non fiksi, puisi dan sering menjadi pembicara di berbagai kampus di Kota Samarinda. Saya yakin, suatu hari Mak Oney akan menjadi seorang penulis terkenal di Indonesia.






Artikel Terkait

adalah seorang Ibu dari dua anak hebat dan Penulis Buku. Bisa dihubungi di Facebook atau email yetinurma82@gmail.com


EmoticonEmoticon